Meskipun bayi belum memiliki gigi tapi mulut bayibharus tetap dibersihkan lho, Moms. Membersihkan mulut bayi termasuk gusi, gigi, dan lidah penting dilakukan. Lalu bagaimana cara membersihkannya? 

- Tempatkan bayi dalam posisi duduk di pangkuan Moms, cari posisi nyamannya bayi. 

- Jari telunjuk Moms dibalut kain kasa steril, lalu celupkan ke dalam air hangat kuku.

- Masukkan jari ke dalam mulut bayi, tekan perlahan lidah bayi lalu tarik ke luar. Lakukan 2 kali, setelah itu bersihkan juga bagian gusi.  

- Lakukan ini secara rutin, minimal setelah mandi pagi dan malam hari / setiap selesai menyusui.

Jika bayi Moms menolak, bisa dialihkan perhatiannya dengan bernyanyi, setelah bayi tenang, lanjutkan lagi membersihkan mulut. Jangan ada paksaan yang akan membuat bayi trauma. 

Selain dengan kain kasa, Moms juga dapat menggunakan sikat khusus yang bahannya terbuat dari plastik, untuk membersihkan mulut bayi. Cara pemakaiannya yaitu dimasukkan ke telunjuk tangan. 

Kenapa sih, Moms perlu membersihkan mulut bayi toh, belum ada giginya? Meski belum memiliki gigi, membersihkan mulut bayi penting dilakukan untuk menjaga mulut bayi tetap bersih dan terhindar dari gangguan kesehatan. 

Mulut merupakan salah satu pintu masuk bakteri penyebab penyakit ke bagian tubuh lainnya. Jika mulut tidak dibersihkan secara teratur, risiko infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri akan meningkat.

Selain itu, menjaga kebersihan mulut tidak hanya pada gusi dan gigi, lidah pun harus tetap bersih. Karena pada lidah terdapat sisa-sisa makanan yang harus dibersihkan. Dengan menjaga kebersihan lidah, Moms bisa mengurangi bau mulut tidak sedap pada si Kecil dan mengurangi akumulasi bakteri pada mulut. 

Tujuan membersihkan lidah / mulut bayi secara teratur: 

- Mengurangi sisa-sisa susu atau makanan dari dalam mulut. 

- Mengurangi bau mulut tak sedap pada bayi. 

- Menurunkan risiko penumpukan bakteri dalam mulut. 

Mulut yang tidak pernah dibersihkan akan meningkatkan risiko infeksi dan penyakit pada gigi dan gusi akibat kuman yang menumpuk. Jika terbiasa membersihkan mulut anak sedini mungkin, Moms akan lebih mudah membiasakan anak untuk menjaga kesehatan giginya di kemudian hari. 

Jika moms sudah rutin membersihkan mulut / lidah bayi, ada baiknya Moms juga memeriksakan secara rutin 6 bulan sekali ke dokter gigi, untuk memastikan kesehatan gigi gusi dan lidahnya.