Karies gigi atau kondisi yang membuat gigi berlubang menjadi rusak dan menghitam kabanyakan baru terlihat pada saat si Kecil memasuki masa kanak-kanak. Tapi, karies gigi ini bisa berlangsung lebih dini, bila Moms tidak melakukan perawatan gigi pada si Kecil sejak bayi. Kerusakan gigi itu disebut karies menyusui atau baby bottle tooth decay (kerusakan gigi botol bayi)

Kebiasaan perawatan gigi sehat harus dimulai sejak dini. Ini karena kerusakan gigi dapat berkembang segera setelah gigi pertama tumbuh. Apa sajakah?

Panduan merawat gigi bayi 

Sebagai panduan Moms berikut perawatan gigi bayi dan batita yang dianjurkan oleh American Academy of Pediatrics (AAP): 

 

Bayi pun wajib sikat gigi

Seringkali orang tua merasa kesulitan untuk menyikatkan gigi pada bayi karena seringkali berontak dan menangis. Karena, tak tega akhirnya membersihkan gigi bayi ini dihentikan, tidak tuntas. Padahal, itulah penyebab gigi anak mengalami karies sejak bayi. Ini karena sisa makanan masih menempel pada gigi.

Jika si Kecil belum kooperatif untuk disikat giginya, Moms masih tetap bisa melakukan pembersihan gigi. Caranya dengan menggulungkan kasa pada jari telunjuk,  kemudian dicelupkan ke air hangat.  Lalu, bersihkan gigi byi Moms  dengan mengusapkan kasa tersebut ke seluruh permukaan gigi dan sekitar mulut. Ini berati tidak hanya gigi. Termasuk juga area lidah, gusi dan pipi bagian dalam. Lakukan pembersihan ini terutama sebelum tidur malam ya Moms, supaya pada saat tidur rongga mulut si Kecil dalam keadaan bersih.

^IK