Merawat bayi merupakan hal yang tidak mudah dan butuh dedikasi orangtua dalam memberikan apa yang ia butuhkan dengan penuh kasih sayang. Karena belum bisa bicara dan mengungkapkan apa yang ia butuhkan, terkdang tingkah dan perilakunya tidak dapat dimengerti, bahkan oleh ibunya sendiri. Benar begitu bukan, Moms? Nah, agar tidak kaget mendapati hal-hal yang bikin panik, berikut ini beberapa fakta tentang bayi yang perlu Moms ketahui. 

Pup pertama tidak bau

Pup pertama bayi disebut juga meconium, terdiri dari lendir, cairan dari rahim, dan komponen lain yang dicerna si bayi ketika di dalam perut ibunya. Bayi belum memiliki bakteri usus yang membuat pupnya bau. Nah, ketika Moms mulai menyusui, barulah bakteri muncul di usus. Setelah sehari atau lebih, pup berwarna hijau, kuning, atau coklat, dengan bau yang familiar.

Kadang bayi berhenti bernapas

Ketika mereka sedang tidur, mungkin akan berhenti bernapas selama 5 – 10 detik, waktu yang cukup untuk membuat Moms panik. Pernapasan tidak teratur adalah hal yang normal. Tetapi perlu diingat jika bayi berhenti bernapas lebih lama dari itu, bahkan menjadi biru, segera minta bantuan medis. Ketika bayi merasa senang atau habis menangis, mereka mungkin mengambil napas lebih dari 60 kali dalam satu menit

Amandel mereka memiliki pengecap rasa

Walau bayi memiliki sensor perasa yang sama dengan anak-anak, mereka memiliki pengecap bukan hanya di lidah, namun juga di amandel. Bayi yang baru lahir dapat merasakan manis, pahit, dan asam, namun tidak dengan rasa asin hingga usia 5 bulan. Mengapa? Karena kelangsungan hidupnya, ASI memiliki rasa manis, jika berasa pahit dan asam dapat berbahaya. Ketika bayi mulai makan makanan padat, mereka cenderung menyukai makanan yang dimakan ibunya ketika hamil dan menyusui.

Awalnya bayi tidak mengeluarkan air mata

Bayi mulai menangis ketika usia 2 – 3 minggu, namun air matanya baru keluar pada usia 1 bulan. Biasanya, sore hari adalah waktunya si bayi rewel, seringkali tanpa alasan dan tidak ada yang bisa Moms lakukan untuk membantunya. "Puncak rewel" bayi biasanya 46 minggu setelah kelahiran, atau usia 6 – 8 minggu.

Bayi yang baru lahir memiliki “payudara”

Ketika baru lahir, bayi laki-laki maupun perempuan sama-sama memiliki ‘payudara’ kecil. Benjolan di dada ini terbentuk dari penyerapan estrogen dari ibu, biasanya mengecil seiring berjalannya waktu. Bayi perempuan juga bisa mengalami menstruasi mini atau keputihan yang berlangsung selama beberapa hari. 

Bayi laki-laki bisa ereksi

Hal ini biasanya terjadi sesaat sebelum bayi buang air kecil, Moms. Selain itu, pada situasi tertentu, saat masih di dalam perut, penis bayi laki-laki juga bisa terlihat ereksi melalui ultrasound. Hal-hal seperti ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan ya, Moms.