Dunia tanpa musik terasa sepi ya, Moms. Musik bisa membangkitkan semangat, bikin suasana hati cerah ceria, bahkan  memancing kreativitas. Manfaat musik ini memang tidak terbantahkan, Moms. Sudah banyak penelitian yang menelisik tentang pengaruh musik pada kehidupan kita, termasuk pada bayi, Moms. Musik berpengaruh besar bagi perkembangan si Kecil. Bukan hanya membuat si Kecil bahagia, ia pun bisa menjadi lebih pintar. Kok, bisa? Simak penjelasannya. 

Daya ingat dan kebahagiaan

Carlota Nelson, sutradara film dokumenter Brain Matters, menjelaskan dari perjalanan dan penelitiannya selama membuat film tersebut, dia menyadari satu hal, yaitu musik sangat penting pengaruhnya bagi seorang anak.

Dia menyaksikan sendiri bahwa musik telah  berkontribusi pada daya ingat dan kemampuan  kognitif yang lebih baik. Ini karena dengan mendengarkan dan memainkan musik itu menghasilkan perubahan di otak. 

Bonus lainnya, kedua aktivitas tersebut dapat melepaskan hormon endorphin. Ini hormon yang berhubungan kebahagiaan. Hal ini yang menyebabkan seorang anak yang sering terpapar musik terlihat lebih bahagia.  

Sain di balik bayi dan musik

“Ah, masa iya, bayi menjadi lebih pintar dengan mendengarkan musik,” mungkin Moms kurang percaya. 

Percaya atau tidak percaya ya, Moms. Tapi sain bisa membuktikannya. Musik membuat perbedaan besar pada otak bayi. Suatu studi dari Institute of Learning and Brain Sciences mendeteksi bahwa setelah bayi mendengarkan musik, korteks pendengaran dan prefrontal mereka terlihat berbeda. Apakah itu? Itu adalah wilayah otak yang bertanggung jawab untuk memproses musik dan ucapan.

Tidak hanya itu,  ketika nanti bayi kecil Moms mulai berinteraksi dengan orang lain, efek positif dari mendengarkan musik akan  meluas ke karakter pribadinya. Sains telah membuktikan anak yang sering terpapar musi ini menjadi pribadi yang lebih helpful dan kooperatif dibandigkan bayi yang tidak atau jarang mendengarkan musik.  

Manfaat musik untuk si Kecil

Ketika anak-anak kecil terpapar musik, otak mereka berubah. Berikut beberapa manfaatnya untuk si Kecil: 

Musik jangan hanya diperdengarkan saja ya, Mom... Makin seru dan banyak manfaatnya jika mengajaknya bernyanyi atau sambil memainkan musik. Gunakan saja alat seadanya. Misalnya botol kemasan yang diisi kerikil atau batu, drum dari baskom, dan sebagainya. Gunakan irama sederhana saja.

Bermain bersama musik ternyata juga dapat meningkatkan keterampilan motorik halus si Kecil, seperti  kemampuan menggenggam dan meremas benda, dan kreativitas lain yang menggerakkan beberapa area otak. 

^IK