Bayi terlihat begitu lucu dan menggemaskan ketika memasuki fase teething karena tampilan gigi susu pertamanya. Namun sayangnya, seringkali fase ini cukup menyakitkan untuk bayi. Itu sebabnya bayi menjadi rewel dan sulit untuk ditenangkan karena merasa tak nyaman dengan mulut dan gusinya. Bahkan beberapa bayi lain mengalami demam secara tiba-tiba karena infeksi. 

Selain kedua gejala khas tersebut, ada pula beberapa gejala tumbuh gigi pada bayi lainnya, yaitu: 

Tumbuh gigi dapat menjadi salah satu fase yang menyakitkan sekaligus tidak menyenangkan pada bayi. Karena itu, cobalah lakukan beberapa hal berikut ini untuk meredakan rasa sakit atau rasa tidak nyaman yang dialami oleh bayi ketika tumbuh gigi: 

Mengusap gusi bayi dengan lembut

Moms dapat mengusap gusinya secara lembut menggunakan kain lap yang telah dibasahi dengan air dingin. Saya biasa lakukan sambil menggosok gigi si Kecil dengan sikat silikon yang berbentuk jari. Sebelum digunakan, dinginkan terlebih dahulu di lemari es.

Teether

Teether adalah mainan berbentuk lingkaran yang mudah digenggam bayi dan aman dimasukkan ke mulut asalkan dijaga kebersihannya. Beberapa teether dapat didinginkan lebih dulu di dalam lemari pendingin, baru kemudian digunakan untuk meredakan rasa gatal atau tidak nyaman pada gusinya yang baru tumbuh gigi. Meski begitu, hindari meletakkan teether di dalam freezer agar tidak membahayakan gusi bayi.

Camilan Sehat / finger food 

Daripada bayi memasukkan benda-benda yang belum tentu bersih, berikan camilan sehat sebagai pengganti teether jika usia si Kecil sudah enam bulan. Potongan wortel atau apel dapat menjadi pilihan yang tepat untuk digenggam dan digigit bayi.  

Biasanya bayi yang sedang tumbuh gigi nafsu makannya berkurang,  jadi bisa nih,  Moms akali dengan membuat camilan yang disukai. 

Nasi kriuk 

Bahan - bahan 

Cara Membuat: 

  1. Lelehkan margarin 
  2. Masukkan tepung terigu, garam, merica dan minyak goreng 
  3. Aduk rata bahan-bahan yang sudah dicampur 
  4. Masukkan kaldu ayam kampung organik secara perlahan sambil terus diaduk 
  5. Iris daun bayam tipis-tipis/halus
  6. Masukkan irisan bayam dan nasi ke adonan, aduk rata 
  7. Bentuk adonan menjadi bentuk bulat-bulat, lalu pipihkan 
  8. Goreng adonan sampai matang dan berwarna kecoklatan 
  9. Tiriskan dan hidangkan selagi hangat. 

Selamat mencoba, Moms.