Moms, tumbuh gigi merupakan proses yang ditunggu oleh banyak orang tua. Hal ini akan terjadi di usia beberapa bulan hingga tahun pertama si Kecil. Akibatnya, si Kecil akan menggosokkan tangan di sepanjang gusi, mencari, dan merasakan gigi baru. Untuk menghindari si Kecil memasukkan tangan ke mulut bahkan benda asing lainnya, orangtua mempersiapkan teether yaitu mainan yang bisa dimasukkan ke mulut ketika si Kecil merasakan sensasi gatal akibat gigi baru yang tumbuh. Lalu, apa manfaat teether bagi anak? 

Penghilang rasa sakit 

Tidak ada orangtua yang suka memberi obat kepada bayi mereka, tetapi kadang-kadang itu satu-satunya hal yang dapat membantu semua orang mendapatkan istirahat dan kelegaan yang sangat dibutuhkan. Jika si Kecil sering terbangun pada malam hari atau menghabiskan sepanjang hari dengan menangis, mungkin ada baiknya berbicara pada dokter anak. Biasanya dokter akan meresepkan asetaminofen atau ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit. 

Namun, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan cara-cara alternatif untuk mengobati rasa sakit gigi, termasuk menggosok gusi bayi dengan jari bersih atau memberikan cincin tumbuh gigi yang terbuat dari karet keras untuk dikunyah atau teether. 

Memberikan rasa nyaman 

Sama seperti kita yang meraih selimut ketika berada di cuaca dingin, begitu juga si Kecil. Jadi, masuk akal jika si Kecil mungkin menginginkan objek yang akrab, seperti orang yang penuh kasih sayang, ketika mereka merasa frustasi dengan rasa sakit gigi. Meskipun,  boneka binatang yang paling dicintai anak mungkin satu-satunya yang diperlukan di sini. 

Ada beberapa barang lainnya yang juga dibutuhkan bayi saat sakit tumbuh gigi, seperti selimut lembut,  syal lebar dan teether.

Keselataman yang utama

Keselamatan harus selalu diutamakan, terutama ketika menyangkut bayi. Ketika mencari teether harus menomorsatukan  kualitas dibandingkan kuantitas. Pastikan juga mainannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Moms dapat menemukan banyak teether dengan bentuk yang berbeda sesuai keinginan. Tetapi,  yang harus Moms ingat adalah pastikan teether aman dimasukkan ke mulut si Kecil.