Merawat newborn atau bayi baru lahir memiliki tantangan tersendiri, dihadapkan dengan perasaan bahagia juga khawatir jika si Kecil tidak nyaman atau sakit. Salah satu ketidaknyamanan yang sering dialami oleh bayi baru lahir adalah ruam popok. 

Ruam popok bisa sangat menyakitkan sehingga membuat si Kecil sering menangis dan tidak nyaman. Ruam popok sering terjadi di area penggunaan diapers si Kecil. Penyebab umum ruam popok adalah iritasi dari urin si Kecil, kulit sensitif, produk diapers yang tidak cocok hingga ukuran diapers yang kurang tepat atau lebih kecil dari semestinya. 

Ruam popok bisa dicegah dengan beberapa tip di bawah ini: 

Jaga agar tetap bersih dan kering 

Bagian mana yang harus dijaga agar tetap bersih dan kering? Tentunya area kelamin hingga belahan anus si Kecil. Moms bisa mengganti diapers si Kecil maksimal 4 jam sekali. Ketika mengganti diapers, Moms bisa membersihkan area kelamin hingga belahan anus menggunakan sabun atau handuk lembut. Hindari menggunakan tisu basah yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya. 

Perhatikan ukuran diapers si Kecil

Sebenarnya ruam popok tidak hanya dialami oleh bayi baru lahir tetapi bayi yang berusia lebih besar juga memiliki risiko yang sama. Untuk menghindari terjadinya ruam popok,  Moms bisa lebih memperhatikan ukuran diapers yang biasa digunakan si Kecil, jangan sampai si Kecil menggunakan diapers dengan ukuran yang ketat dan sempit. Diapers yang terlalu ketat mencegah aliran udara sehingga akan menciptakan lingkungan lembap yang cocok untuk ruam popok. Selain itu, diapers yang terlalu sempit dan ketat juga menyebabkan bagian pinggang atau paha si Kecil mudah lecet. 

Gunakan salep ruam 

Teknik pencegahan yang ketiga adalah penggunaan salep ruam sebelum menggunakan diapers. Salep ini biasanya dapat mencegah iritasi kulit dengan menciptakan perlindungan untuk melindungi kulit si Kecil. Salep ruam popok sangat mudah ditemukan di pasaran. Perhatikan varian dan kebutuhan si Kecil, karena biasanya salep ruam memiliki varian khusus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit si kecil. 

Ketiga langkah di atas bisa Moms praktikkan untuk mencegah terjadi ruam popok pada si Kecil.