Setiap Moms membayangkan si Kecilnya akan lahir dengan kepala mungil dengan bentuk bulat yang menggemaskan. Tapi, adakalanya bentuk kepala bayi yang lucu ini tidak terwujud. 

Kepala bayi lahir tidak bulat dan tidak simetris alias peyang memang seringkali dikaitkan dengan mitos tertentu. Hobi makan lele sewaktu kehamilan, salah satunya. Atau ada pula yang mengatakan karena Moms yang hamil hobi tidur miring. Jadi kepala bayi juga ikut miring. Benarkah mitos tersebut?

Kepala bayi baru lahir tak selalu bulat

Faktanya ya Moms, memang kepala bayi yang baru lahir itu tidak selalu bulat sempurna. Kepala bayi mungkin tampak tidak simetris atau atau tidak rata dari samping. Atau ada pula yang bagian belakang si Kecil rata dan keningnya tampak menonjol. Melihatnya kepala si kecil yang asimetris dan tidak rata ini kadang membuat para orang tua terkejut. 

Tapi jangan sedih dulu ya Moms, sehingga mengkaitkan dengan berbagai kebiasaan yang dianggap ‘salah’ sewaktu kehamilan, atau menganggap si Kecil mengalami kutukan atau kelainan. 

Masalah bentuk kepala bayi yag baru lahir yang tampak aneh itu sebagian besar akan hilang dalam beberapa minggu kehidupannya setelah lahir. Perlahan-lahan kepalanya akan tampak normal seperti layaknnya kepala bayi lainnya. 

Penyebab bayi lahir peyang

Proses sewaktu si Kecil berdiam di dalam kandungan dan sewaktu ia dilahirkan memengaruhi bentuk kepala bayi. 

Antara lain faktor yang memengaruhi adalah: 

Perlu Moms ketahui bahwa tengkorak kepala bayi di dalam rahim dan hingga beberapa bulan kehidupannya itu tidak keras seperti kepala orang dewasa. Tengkorak kepala bayi masih lunak sehingga fleksibel untuk membantu si Kecil meluncur ke bawah jalan lahir. Ini memudahkan bayi dan Moms juga tentunya sewaktu persalinan pervaginam atau lahir normal.

Pada bayi baru lahir, tengkorak masih terdiri dari beberapa tulang pipih yang sangat longgar bergabung menjadi satu atau tidak bergabung sama sekali.  Sendi yang longgar dan “lubang” di tengkorak bayi membantu mengubah bentuk kepala bayi sehingga tidak tersangkut saat lahir. 

Itulah sebabnya kepala bayi Moms mungkin terlihat sedikit "terjepit" jika melahirkan normal atau tertahan lama untuk proses melahirkan. Ini berbeda bila si Kecil ini dilahirkan proses persalinan sesar yang direncanakan. Kemungkinan bayi Moms memiliki kepala yang lebih bulat. Ini karena si Kecil tidak harus melalui jalan keluar yang panjang dan sempit.

“Anak saya lahir sesar, tapi kepalanya juga tidak rata,” mungkin ada Moms yang mengalami ini. Itu bisa saja terjadi. Adakalanya pula bayi yang lahir melalui operasi sesar pun mungkin memiliki bentuk kepala yang sedikit terjepit atau asimetris. Ini  tergantung pada posisinya di dalam rahim.

Selain hal tersebut di atas, penyebab dan jenis perubahan bentuk kepala si Kecil saat lahir juga disebabkan beberapa kondisi di bawah ini:

Moms, terpenting ketika si Kecil Moms lahir dengan kepala peyang jangan panik dulu yaa… Bentuk kepala bayi yang abnormal yang berhubungan dengan masalah kelahiran serius memang ada. Tapi, kebanyakan itu bentuk kepala si Kecil yang baru lahir kurang sempurna itu merupakan kondisi yang normal terjadi. Coba Moms menjalankan beberapa cara untuk membantu bentuk kepala si Kecil kembali normal, sambil tetap mengawasi bentuk kepala ini. 

^IK