Banyak orangtua, terutama orangtua baru, seringkali masih kurang teliti dalam hal membersihkan dan merawat bagian tubuh bayi, terutama mulut. 

Mulut merupakan bagian tubuh yang sebenarnya memerlukan perawatan ekstra, mengingat bahwa dari mulutlah sumber bakteri dan kuman bisa masuk ke tubuh bayi kita. Ketika bayi menyusu, baik langsung dari Moms maupun dari botol, bisa saja saat itu masih ada kuman atau bakteri jahat yang belum 100% hilang dari dot ataupun puting Moms. Sudah sewajarnya kita melakukan perawatan ekstra, mengingat bayi belum bisa sepenuhnya memberikan kita kode terhadap apa yang sedang dia rasakan. 

Dilansir dari Parcto, Dr. Rohan Bhatt, Seorang Dokter Gigi Anak menyebutkan bahwa perawatan mulut yang baik dimulai ketika anak-anak masih bayi. “Anda harus membersihkan mulut bayi Anda setelah setiap menyusui, setidaknya dua kali sehari. Ini untuk mencegah infeksi jamur yang disebut kandidiasis atau sariawan,” ungkapnya. 

Menurut sumber di atas, bahwa sangatlah penting menjaga mulut bayi tetap bersih, agar mulut bayi terhindar dari infeksi jamur (biasanya ditandai dengan warna putih pada lidah dan langit-langit mulut bayi), kuman dan bakteri jahat yang tidak terlihat mata namun berefek buruk bagi pencernaan bayi kita. 

Lalu, bagaimana sih cara membersihkan mulut bayi yang baik dan benar? 

  1. Lihat kondisi bayi ya, saat newborn cukup bersihkan dengan waslap halus yang di celup ke air hangat. Pastikan waslap dan tangan anda bersih ya Moms. Bersihkan lidah, langit-langit, serta gusinya segera setiap bayi selesai menyusu. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada sisa susu yang menempel pada setiap bagian mulut bayi, yang dapat memicu pertumbuhan bakteri pada mulutnya. 
  2. Jika bayi sudah mulai tumbuh gigi, bisa mulai ke tahap menggunakan sikat gigi silikon. Sama seperti tahap 1, hanya bedanya pada gigi yang mulai tumbuh di bersihkan dengan sikat gigi silikon, agar bisa menjangkau sela-sela giginya, karena permukaan waslap kan biasanya datar.
  3. Jika sudah mulai menggunakan pasta gigi, pilihlah pasta gigi khusus untuk bayi, yang tertera no sls pada kemasannya, dan pastikan agar aman jika sewaktu-waktu pasta gigi tertelan oleh anak Moms. 

Menjaga kebersihan mulut dan gusi adalah dasar untuk memperoleh gigi bayi yang tumbuh dengan sehat dan baik. Agar anak kita tidak mengalami gigi rusak sejak usia dini, atau biasa disebut reges. Gigi bayi yang sehat juga akan menghasilkan gigi dewasa yang baik tentunya. Karena dari mulutlah kita makan, dan dari beragam makanan tersebut bisa saja ada kuman dan bakteri yang masuk ke dalam mulut kita.

Mulut adalah gerbang utama untuk mencegah bakteri dan kuman masuk ke dalam tubuh. Menjaga mulut tetap sehat berarti juga menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Jadi Moms, yuk jangan malas untuk merawat mulut anak kita bahkan ketika iya baru lahir ya Moms.