Pertumbuhan gigi pada anak biasanya dimulai sejak usianya menginjak 6 bulan. Gigi bayi akan terus tumbuh sampai semua gigi susunya lengkap di usia sekitar 3 tahun. Pada masa pertumbuhan,  gigi masih sangat kecil dan tumbuhnya pun bergantian. Meskipun begitu, gigi tetap harus rutin dibersihkan, Moms. Simak cara membersihkan gigi si Kecil berikut ini: 

Gunakan kain lembut atau kasa steril 

Membersihkan rongga mulut pada bayi sebenarnya lebih baik ketika gigi bayi belum tumbuh. Ini akan membuat bayi terbiasa saat gusi dan mulutnya dibersihkan. Pilihlah kain lembut atau kain kasa yang dibasahi dengan air untuk membersihkan gusi pada bayi. Moms bisa membersihkannya sebanyak 2 kali sehari, pagi dan malam hari. Ini untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih tersisa di mulut. 

Pilih sikat gigi sesuai usia 

Jika Moms perhatikan, sikat gigi yang dijual memiliki keterangan usianya. Dengan begitu, Moms bisa memilih sikat gigi yang akan digunakan sesuai dengan usia bayi.  Untuk bayi usia 6 bulan, Moms bisa menggunakan sikat gigi silikon. Pada tahap awal seperti ini, tidak perlu menambahkan pasta gigi ya. Waktu pembersihan juga bisa dilakukan setelah selesai makan dan sebelum tidur. 

Berikan air mineral 

Dengan rajin minum air mineral sebenarnya cukup membantu membersihkan sisa-sisa makanan di dalam mulut. Karena itu sangat penting untuk rajin memberikan minum air mineral pada bayi jika sudah memulai MPASI. Setelah minum susu formula juga lebih baik diberikan minum untuk membersihkan sisa susu yang menempel di gusi dan lidah. 

Bersihkan dot secara teratur 

Jika bayi Moms menggunakan dot untuk minum susu, maka harus rajin membersihkan dot dengan seksama ya. Jika tidak, akan ada sisa susu yang menempel di bagian dot dan ini bisa merusak pertumbuhan gigi nantinya.

Ganti sikat gigi 

Kapan sih waktu yang tepat untuk mengganti sikat gigi? Sikat gigi perlu diganti jika sikatnya sudah merenggang ke sisi luar sehingga kondisi tersebut tidak lagi dapat membersihkan gigi dengan baik. Sebaiknya Moms mengganti sikat gigi secara berkala setiap 3 bulan. Bagian dasar sikat gigi juga bisa menjadi kotor akibat sisa makanan atau pasta gigi yang menempel di sana. Karena itu, sangat penting untuk menggantinya secara berkala. 

Selain rajin merawat dan membersihkan gigi bayi secara berkala, Moms juga bisa mulai ajak si Kecil untuk ke dokter gigi.  Lakukan setiap 6 bulan sekali agar kesehatan gigi anak dapat terkontrol dengan baik.