Hari yang dinanti akan segera tiba, Moms. Si Kecil di dalam kandungan akan segera lahir ke dunia. Banyak calon orangtua baru yang merasa kesulitan saat mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Nah, Moms bisa mulai dari membuat daftar barang apa saja yang harus Moms miliki sebelum persalinan tiba. 

Daftar kebutuhan bayi baru lahir cukup panjang ya, Moms, dan semuanya Moms anggap penting, seperti popok bayi dan baju bayi baru lahir. Sebaiknya Moms membuat daftar sesuai dengan kebutuhan bayi Moms. Jika bayi yang akan lahir berjenis kelamin perempuan, Moms bisa membuat daftar perlengkapan bayi perempuan. Begitu juga jika si Kecil berjenis kelamin laki-laki, Moms juga perlu membuat daftar perlengkapan bayi laki-laki.

Setelah itu, Moms bisa mencicil satu persatu perlengkapan bayi. Beberapa hal pun perlu Moms perhatikan mengenai produk bayi yang akan  dibeli, adalah kenyamanan dan keamanan produk tersebut. Jangan tergiur dengan harga murah namun berisiko membahayakan si Kecil. Untuk memudahkan Moms dalam menyiapkan perlengkapan si Kecil, berikut ini daftar perlengkapan bayi baru lahir yang Moms wajin miliki: 

Pakaian bayi 

Pakaian bayi biasanya memiliki banyak sekali ukuran, mulai dari pakaian bayi baru lahir, 3 bulan, 6 bulan, 9 ulan dan 12 bulan. Moms bisa menggunakan pakaian untuk bayi 3 bulan untuk newborn. Hal ini dilakukan mengingat pertumbuhan bayi yang sangat cepat. Jadi, jika Moms membeli pakaian untuk bayi baru lahir, maka waktu pakainya hanya sebentar, Moms. 

Untuk pakaian sehari-hari, pilih yang berbahan lembut dan longgar sehingga bayi dapat leluasa bergerak dan kulitnya bisa bernapas. Beberapa pakaian yang harus dipersiapkan untuk bayi Moms adalah adalah pakaian one-piece.  

Pilihlah pakaian bayi yang super nyaman untuk tidur. Moms bisa memilih pakaian yang menutupi seluruh kaki dan tangannya (seperti jumper), namun tetap pastikan bagian bawah pakaian bisa dengan mudah buka tutup untuk mengontrol diapersnya. Selain itu, lengkapi dengan legging, celana, jaket, sweater, kaus kaki, topi, sarung tangan, dan piyama. 

Popok bayi

Moms bisa memilih popok kain atau pun popok sekali pakai. Biasanya bayi baru lahir akan sering sekali ganti popok, mungkin bisa 12 kali dalam sehari. Selain popok, Moms juga membautuhkan tisu atau kain lap lembut untuk membasuh bayi setelah buang air besar maupun kecil. 

Stroller 

Perlengkapan bayi lainnya yang perlu Moms persiapkan adalah stroller atau kereta bayi. Stroller akan Moms butuhkan saat akan bepergian atau sedang berada di luar rumah. 

Moms juga perlu memiliki  baby carrier atau gendongan untuk menggendong bayi. Baby carrier atau gendongan dengan model seperti kanguru, sangat nyaman digunakan untuk menggendong bayi.. Moms bisa memilih baby carrier yang nyaman dengan bahan yang lembut. 

Car seat bayi

Car seat juga perlu Moms miliki, terutama  jika Moms akan sering membawa bayi keluar rumah. Car seat akan membuat bayi merasa nyaman dan aman saat berada di tengah perjalanan. Jadi, Moms tidak perlu memangku bayi saat berada di dalam mobil, cukup Moms dudukkan saja bayi di car seat.  

Mainan bayi

Walaupun masih sangat kecil, namun bayi juga membutuhkan mainan untuk membuatnya relaks dan merasa nyaman. Misalnya saja  bouncer, yaitu kursi bayi yang dapat bergerak naik turun dan mengeluarkan suara musik. Selain bouncer, mainan bayi seperti bola yang mengeluarkan bunyi, dan mainan lembut lainnya perlu Moms persiapkan.

Tempat tidur bayi

Beberapa bayi mungkin akan tidur bersama orangtuanya di kasur yang sama. Namun, tidak ada salahnya jika Moms mempersiapkan tempat tidur khusus untuk bayi. Moms dapat mempersiapkan satu set boks bayi,  beserta perlengkapan lainnya, seperti bantal, guling, dan selimut. 

Selain perlengkapan bayi baru lahir di atas, Moms juga perlu memiliki barang lainnya, seperti gunting kuku, thermometer, dan sikat gigi bayi (finger tooth brush).