Terbangun di malam hari karena tangisan si Kecil mungkin sudah biasa bagi orangtua. Apakah Moms juga mengalaminya? Lingkar mata yang semakin menghitam, sepertinya menjadi jawabannya ya, Moms. 

 

Hingga berusia enam bulan, bayi butuh 17 jam untuk tidur dalam sehari, namun dengan pola yang tidak tentu, bahkan bisa tiap dua jam sekali. Sehingga, mau tidak mau  orangtua harus siap untuk selalu terjaga di malam hari. Perlu diperhatikan pula bahwa bayi memiliki perut yang kecil. Akibatnya, mereka akan terbangun dan menangis karena lapar.

 

Walau begitu, Moms dapat mencoba sleep training atau latihan tidur untuk membuat si Kecil tidur dengan sendirinya. Harap diingat bahwa sleep training belum tentu berlaku pada semua bayi, dibutuhkan waktu, usaha, dan konsistensi. 

 

Membuat bayi kenyang

Untuk enam minggu pertama, bayi membutuhkan waktu 20 sampai 40 menit untuk menyusu hingga kenyang. Namun, biasanya mereka akan lelah setelah 10 menit, lalu tertidur. Dalam sleep training, usahakan tetap menyusuinya hingga selesai, artinya menjaga bayi tetap terjaga. Bila di tengah menyusui ia tertidur, biarkan selama 10 – 15 menit,  lalu bangunkan  untuk melanjutkan menyusuinya. Namun, jangan paksakan bayi untuk bangun jika ia tidak mau. 

 

Menetapkan rutinitas sebelum tidur sedini mungkin

Bayi menyukai rutinitas dan semakin lama, ia kian terbiasa. Membuat rutinitas sedini mungkin penting, agar dapat ia jadikan contoh. Misalnya sebelum tidur siang 5 – 10 menit digunakan untuk memeluk, menggoyang lembut, dan menyanyikan. Sementara rutinitas 60 menit sebelum tidur malam, misalnya mandi, pijat lembut, dan menyusui.

 

Membuat suasana tempat tidur yang selalu sama

Moms dapat mengusahakan kondisi tempat si Kecil tidur selalu sama. Dengan begitu, bayi akan terbiasa bangun di tempat dan suasana yang sama tiap hari. Tak jauh beda dengan orang dewasa, suasana kamar yang tenang dan tidak terlalu terang dapat membuat bayi tertidur lebih cepat dan lelap.

 

Berpegang pada waktu tertentu untuk tidur siang

Selain rutinitas sebelum tidur, lamanya tidur pun sebaiknya dibiasakan sejak dini ya, Moms. Terutama tidur siang, setidaknya bayi tidur di siang hari selama 30 – 45 menit, tidak lebih dari tiga jam. Jika bayi kurang tidur siang, mereka jadi lelah, rewel hingga sulit tidur—hingga tertidur. Sementara, terlalu lama tidur siang membuatnya tidak dapat tidur di malam hari.

 

Makan-main-tidur-ulang

Pola ini berulang. Setelah bayi bangun tidur, ada rutinitas panjang yang dilakukan hingga ia tidur lagi. Makan, bermain, dan tidur lagi.