Moms, apakah si Kecil terlihat sudah tidak betah lagi berada di dalam bedong? Ini saatnya Moms menghentikan pemakaiannya. 

Meski terlihat tidak betah, si Kecil sudah terbiasa tubuhnya dibedong, terutama saat tidur. Bedong membuat bayi lebih nyaman saat tidur di malam hari. Karena itu Moms, agar transisi dari kebiasaan dibedong lantas lepas itu berjalan mulus dan bayi tidak rewel, terutama di kala waktu tidur. Simak beberapa caranya ya, Moms: 

Lakukan transisi secara bertahap

Bayi kecil Moms memang sudah terlihat kurang nyaman dengan bedong ini, tetapi jangan langsung melepas total. Lakukan peralihan ini dengan bertahap. Dari bedong full menjadi bedong dengan satu tangan di luar. Lakukan selama beberapa malam. Lalu,  setelahnya, biarkan kedua tangannya keluar. Setelah itu, baru kemudian ke tahap melepaskan bedong bayi sama sekali.

Gantikan dengan karung tidur

Moms tahu sleeping bag untuk kemping? Model sleeping bag yang seperti karung atau kantong tidur ini juga nyaman untuk si Kecil. Tentu bahannya karung tidur bayi ini beda dengan karung tidur biasa. 

Transisi dari bedong langsung ke karung tidur bayi ini  benar-benar dapat membantu bayi menyesuaikan diri untuk tidak dibedong. Beli yang berkualitas nyaman bagi si Kecil ya Mom... Apalagi, bonusnya itu karung tidur bayi ini bisa dipakai sampai balita! 

Mainkan musik

Musik yang lembut dan menenangkan dapat membantu si Kecil tertidur. Bernyanyi atau bersenandung dengan tenang juga dapat membantu anak memasuki kenyamanan alam tidur, tanpa harus dibedong. 

Selain itu, sekarang pun ada tren memakai White noise, yaitu suara berfrekuensi khusus yang diyakini dapat membuat tidur lebih nyenyak. Bingung membayangkan seperti apa suaranya? Coba Moms googling dengan ketik kata: white noise baby atau bayi. Di sini nanti  Moms akan mendapatkan beberapa alternatif channel yang mengenalkan white noise untuk membuat tidur bayi Kecil Moms menjadi nyenyak. 

Pakai dot

Dot dapat menenangkan bayi dan membantunya tertidur. Dot juga dapat membantu melindungi anak dari SIDS. Jika seseorang menyusui bayi, sebaiknya menunggu sampai bayi terbiasa menyusui, sekitar usia 3-4 minggu, sebelum memberi ia mendapatkan dot. Ingat ya, Moms, jangan tempelkan dot pada apa pun atau  menggantungnya di leher bayi.

Menyusui

Bayi sering tertidur saat menyusu. Mungkin menyusui ini selain membuatnya kenyang, juga membuatnya merasa nyaman.  Moms dapat mencoba mengatur waktu pemberian ‘makan’ itu terjadi sebelum bayi tidur. Buatlah lingkungan menyusui ini nyaman dan  bebas dari hal-hal yang membuat perhatian si Kecil teralihkan, seperti ada mainan kesayangan atau musik yang membuatnya jadi bersemangat. Dengan cara ini si Kecil dapat langsung masuk ke lingkungan tidurnya tanpa harus dibedong. 

Mandi

Memandikan si Kecil dengan air hangat dapat membantu menenangkan bayi sebelum tidur. Ini bisa menjadi bagian dari rutinitas waktu tidur anak, dan membantu memberi sinyal bahwa sudah waktunya untuk tidur. Soal kebutuhan kenyamanan ingin dibedong pun jadi terlupakan. 

Sentuhan

Sentuhan lembut dapat membantu bayi tertidur. Moms dapat mencoba membelai lembut punggung bayi dengan telapak tangan, menepuk lembut bokongnya atau mengusap kepala bayi kecil ini. Dengan cara ini bayi akan merasa nyaman, tanpa harus dibedong.

Lakukan beberapa transisi di atas bila bayi Moms sebelumnya terbiasa dengan kenyamanan dibedong. Selain itu, Moms atau Dads harus mematikan apa pun yang dapat mengejutkan bayi, seperti televisi, telepon, atau bel pintu.

^IK