Moms penting memahami kondisi bayi saat sedang makan. Saat makan adalah saat yang menyenangkan, jadi ketika bayi sedang dalam kondisi yang tidak nyaman, misal, sedang mengantuk, sedih, atau sakit, umumnya cenderung malas makan. Untuk itu, jangan paksakan si kecil untuk makan. Pada kondisi seperti itu, sebaiknya tunda terlebih dahulu atau berikan alternatif pilihan makanan yang lain. Lakukan komunikasi dengan bayi.

Berikan makanan kepada buah hati secara perlahan dan penuh kesabaran. Upayakan memberikan senyuman, lakukan kontak mata langsung, sambil mengucapkan kalimat-kalimat yang membesarkan hati anak. Dengan demikian waktu makan merupakan saat belajar yang penuh dengan rasa cinta. Jangan paksa jika anak tidak mau makan, berikan lagi di lain waktu. Memaksa untuk memakan jenis makanan tertentu atau memaksa untuk menghabiskan makanan bukanlah cara yang tepat untuk membentuk pola makan yang sehat.

Moms hendaknya juga paham dan mengetahui, kapan harus berhenti memberi makan. Bayi akan berhenti makan bila sudah kenyang.  Ada beberapa tanda yang ditunjukkan yakni, mengatupkan bibir, menutup mulut, muntah, memalingkan wajah dari sendok yang didekatkan ke mulutnya, menyandarkan tubuh ke belakang, makan atau minum lebih sedikit, bahkan tidak jarang yang tertidur. Pada kondisi tersebut, jangan memaksa untuk tetap memberi makan. Penting bagi bayi untuk merespon tanda-tanda kenyang atau lapar yang timbul dari dalam dirinya sendiri sebagai dasar dari kebiasaan makan yang sehat untuk sepanjang hidupnya.