Berat badan bayi menyusut sesaat setelah lahir? Tidak perlu khawatir, karena dalam beberapa hari, berat badannya akan kembali normal.

Menurunnya berat badan baru lahir kerap membuat para ibu cemas. Faktanya hal ini wajar dialami, hampir semua bayi baru lahir berat badannya akan turun, terlepas bayi diberi asupan ASI atau susu formula.

Naik bertahap

Adalah hal yang wajar bayi kehilangan berat badannya setelah lahir. Kehilangan berat badan bayi sekitar 10% dari berat badan bayi di hari pertama kehidupannya ini dianggap wajar oleh dokter. Jangan khawatir, berat badan bayi akan kembali dalam waktu 10 hari hingga 14 hari berikutnya. Kehilangan 10% ini berasal dari cairan berlebih yang bayi peroleh selama masih dalam kandungan.

Cara menaikkan berat badan bayi

Ada beberapa cara  yang dapat dilakukan untuk mengembalikan berat badan bayi baru lahir, yaitu:

Berikan ASI dengan jeda tidak lebih dari 3 jam, dan jumlahnya disesuaikan dengan keinginan bayi. Jangan memaksakan bayi untuk minum terlalu banyak, mengingat ukuran lambungnya masih kecil. urangi umpan untuk mencapai keseimbangan. Pastikan bayi mengonsumsi hindmilk (bagian terakhir dari ASI), yang memiliki kandungan lemak paling banyak untuk dikonsumsi. 

Pastikan mulut bayi menempel ke payudara. Bila tidak, kemungkinan bayi akan kesulitan dalam  mengisap karena kesulitan untuk mengkoordinasikan rahangnya. Bila perlu masukan ASI ke dalam botol. Anda juga dapat mendaftarkan diri ikut kursus laktasi. 

Bila Anda memberikan ASI, pastikan Anda memiliki jumlah ASI yang cukup. Sebaiknya, makan dengan baik dan istirahat yang cukup. 

Jika Anda merasa berat badan bayi tidak kunjung bertambah dalam waktu dua minggu, bayi tampak gelisah, rewel atau tidak mau menyusu, segera ke dokter.