Setiap Moms pasti merasa sangat bahagia akan kelahiran buah hatinya. Namun, di balik kebahagiaan itu, tersimpan berbagai kekhawatiran, khususnya bagi Moms muda yang kurang berpengalaman merawat bayi. Salah satu hal yang sering memicu rasa takut para Moms adalah saat si Kecil bersendawa selepas minum susu. 

Benarkah bersendawa setelah minum susu merupakan salah satu ciri-ciri buah hati mengalami gangguan kesehatan? Eits, tak perlu khawatir dulu! Burping alias bersendawa justru merupakan sinyal positif yang diberikan oleh buah hati dan menandakan bahwa tubuhnya dalam keadaan sehat. Malah, saat bayi bersendawa yang disertai gumoh (mengeluarkan kembali sebagian makanan yang masuk ke dalam tubuh) sistem pencernaannya justru mendapatkan manfaat yang luar biasa. Nah, berikut ini beberapa manfaat bersendawa untuk kesehatan buah hati yang perlu Moms ketahui: 

Menjaga kesehatan sistem pencernaan 

Saat si Kecil minum susu dari botol, tentunya banyak udara yang turut masuk ke dalam tubuhnya. Jika angin tersebut tidak kunjung dikeluarkan, maka bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti masuk angin. Bukan hanya itu, angin yang tak bisa keluar dari tubuh juga akan mengganggu sistem pencernaan buah hati tersayang. 

Mencegah kolik 

Kolik merupakan gangguan kesehatan di mana perut terasa penuh dan sakit akibat ada angin yang terperangkap di dalamnya. Tak hanya banyak menyerang orang dewasa, penyakit ini juga sering dialami si Kecil akibat posisi menyusu yang kurang tepat. Kolik memang tidak memiliki efek berbahaya, namun buah hati yang merasakan sakit pada perutnya akan menjadi rewel dan tidak nafsu makan. 

Upaya agar si Kecil bisa tidur lebih nyenyak 

Saat terlalu banyak angin atau udara yang masuk ke dalam tubuh, si Kecil jadi terus menangis akibat rasa tak nyaman yang menyiksa. Hal ini tentu akan membuat si Kecil sulit tidur dan bisa berakibat buruk pada kesehatannya. 

Agar bayi lebih sehat dan aktif 

Bukan hanya angin berlebihan yang masuk ke dalam tubuh saja yang membuat perut terasa sakit. Gas yang ada di lambung sebagai hasil sampingan dari proses pencernaan juga bisa memicu kolik. Jika gas ini sudah dikeluarkan saat buah hati buang angin dan bersendawa, maka ia pun akan merasa lebih nyaman dan bebas bergerak. 

Nah, sekarang Moms sudah tahu, ‘kan, pentingnya sendawa untuk buah hati tersayang? Moms tak perlu khawatir lagi jika si Kecil bersendawa selepas menyusu. 

Jika si Kecil tak kunjung sendawa Moms bisa mencoba tip menyendawakan bayi berikut ini :

- Siapkan sapu tangan atau handuk kecil. Letakkan pada bahu Moms untuk menahan muntahan susu. 

- Gendong si kecil menghadap belakang dengan bertopang pada bahu Moms. Tegakkan tubuhnya dan biarkan kepalanya bersandar pada bahu Moms. 

- Elus-elus lembut punggung si kecil dengan menggunakan satu tangan, sementara tangan yang lain menahan tengkuk dan bokongnya. 

- Lakukan hingga si kecil bisa bersendawa. 

Selain itu, Moms juga bisa melakukan cara menyendawakan bayi dengan posisi tengkurap. Berikut caranya: 

- Telungkupkan si Kecil di pangkuan Moms. 

- Topang dadanya dengan tangan agar kepala si Kecil lebih tinggi dari tubuhnya. 

- Elus-elus bagian punggungnya hingga ia bersendawa. 

Saat melakukan gerakan tersebut, pastikan Moms berhati-hati, ya. Jangan sampai tubuh buah hati justru menjadi tidak nyaman dan membuatnya menangis. Selamat mencoba, Moms!