Perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan memengaruhi suasana hati atau mood. Moms menjadi lebih sensitif, mudah marah atau sedih tanpa alasan yang jelas. Hati-hati ya, Moms.  Stres yang berkepanjangan dapat memengaruhi janin. Sebab, ketika tertekan, hormon kortisol yang dikenal sebagai hormon stres akan meningkat dan bisa berakibat buruk. 

Saat hamil, plasenta (yang bertugas membawa nutrisi dan makanan untuk janin) juga dapat melepaskan hormon stres dan memberikan efek negatif pada pertumbuhan si Kecil dalam kandungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi perubahan suasana hati atau mood swing adalah dengan mengatur menu makanan. Nah, berikut ini, beberapa makanan yang bisa meningkatkan suasana hati selama masa kehamilan: 

Karbohidrat Baik 

Karbohidrat baik yang tinggi serat tidak mudah dicerna di tubuh, sehingga bisa memberikan Moms energi tambahan dalam waktu yang cukup lama.  Makanan yang mengandung karbohidrat baik antara lain oats, jagung, kentang, kacang-kacangan, dan beras coklat. Selain tinggi serat, makanan dengan karbodhirat yang baik juga rendah kolesterol dan mampu membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Energi yang baik dan cukup selama masa kehamilan akan membuat mood Moms menjadi lebih baik. 

Mengonsumsi Protein 

Protein merupakan zat yang sangat esensial untuk pertumbuhan dan memperbaiki sel dalam tubuh. Mengonsumsi protein secara rutin setiap hari  mampu menjaga tekanan gula dalam darah serta meningkatkan mood. Moms bisa mendapatkan protein dari daging, ikan, telur, susu, keju, dan kacang-kacangan. 

Omega-3 

Tidak hanya baik untuk perkembangan otak anak, ternyata mengonsmsi Omega-3 secara rutin juga  mampu memperbaiki mood selama masa kehamilan. Minyak ikan yang berasal dari tuna, makarel, ikan herring, dan sarden mengandung zat Omega-3 yang Moms butuhkan. 

Saffron atau Kuma-Kuma 

Bahan rempah dapur ini memang tidak ditemukan secara mudah di Indonesia karena memang bukan berasal dari negara ini. Rempah yang satu ini dikenal karena menimbulkan sensasi pedas. Selain itu, saffron juga dapat mengurangi perubahan mood secara tiba-tiba dan depresi. Walaupun masih banyak manfaat lain dari saffron, namun Mom tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya karena bisa memicu efek negatif. Konsumsi saffron secukupnya saja.