Ibu hamil perlu menambah konsumsi aneka jenis makanan bergizi agar nutrisi bagi janin tercukupi dengan baik. 

Agar kehamilan berlangsung lancar dan sehat, perbanyak konsumsi jenis-jenis makanan berikut ini: 

  1. Sayur dan buah 

Aneka jenis sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan janin, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B9 (asam folat), dan zat besi. Bukan itu saja, sayur dan buah juga sarat akan kandungan serat untuk membantu atasi konstipasi yang sering dialami ibu hamil. 

  1. Susu dan produk olahannya

Kandungan kalsium di dalam susu dan produk olahannya seperti keju, yogurt, dan butter, amat penting untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi si kecil dalam kandungan. Makanan berbahan susu juga kaya kandungan vitamin D yang penting untuk membantu penyerapan kalsium dan memelihara kesehatan otot dan tulang.

  1. Makanan kaya protein

Daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan adalah contoh jenis makanan yang banyak mengandung protein. Asupan protein amat diperlukan untuk proses pertumbuhan janin serta proses perbaikan sel-sel tubuh yang rusak pada ibu hamil.

  1. Lemak sehat

Asupan lemak sehat, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, banyak manfaatnya untuk pertumbuhan otak si kecil dalam kandungan. Pilih jenis ikan berlemak seperti ikan patin, salmon, dan tuna yang kaya kandungan omega-3. Asam lemak omega-6 bisa didapat dari konsumsi minyak zaitun dan kacang-kacangan.

  1. Makanan pokok

Makanan pokok seperti nasi dan roti merupakan sumber karbohidrat yang berfungsi menyuplai energi bagi ibu hamil. Pilih jenis makanan pokok dari bahan whole grain (gandum utuh), seperti roti utuh, dan pasta agar Anda mendapatkan tambahan asupan serat, zat besi, dan vitamin B.