Minyak kutus-kutus adalah sejenis minyak aromaterapi yang terbuat 49 jenis tanaman obat seperti daun neem, daun ashitaba, tanaman purwaceng, bunga lawang, temulawak, kulit kayu, daun pule, minyak kelapa, dan gaharu. Komposisi bahan alami ini sejak lama dikenal memiliki khasiat kesehatan. Yuk simak manfaat minyak kutus dan cara pemakaiannya : 

Meredakan sakit kepala 

Sakit kepala sering sekali terjadi secara tiba tiba dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk meredakan sakit kepala bisa membalurkan minyak di bagian pelipis dan urut secara perlahan. 

Membantu gangguan pencernaan 

Bagi yang memiliki penyakit asam lambung atau maag, minyak kutus dapat dioleskan di area perut setiap 3 jam sekali. 

Menghilangkan bau mulut 

Untuk menjaga kesehatan mulut, campurkan beberapa tetes minyak kutus-kutus ke dalam air hangat. Gunakan larutan sebagai obat kumur di pagi dan malam hari. 

Meningkatkan kualitas tidur 

Minyak kutus dapat menenangkan ketegangan saraf dan meredakan stres sehingga mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Salah satu cara yang perlu Moms  coba adalah dengan membalurkan minyak kutus-kutus 30 menit sebelum tidur di beberapa bagian tubuh, seperti telapak kaki, tulang punggung, pelipis, dan area tubuh lainnya. 

Mencerahkan wajah yang kusam 

Minyak kutus kutus dipercaya untuk mencerahkan wajah yang kusam bukan isapan jempol semata. Khasiat kandungan dalam minyak ini telah terbukti dapat mencerahkan wajah kusam. Oleskan minyak kutus pada kulit wajah pada malam hari dan bersihkan  dengan air hangat pada pagi hari. Setelah itu  bilas kembali dengan air dingin untuk mengecilkan pori pori kulit.

Obat gatal alami 

Gatal-gatal pada kulit akibat alergi dan gigitan serangga dapat menimbulkan bekas luka yang permanen.Pengolesan minyak kutus-kutus dapat meredakan dan menghilangkan gatal secara perlahan.  

Obat batuk dan pilek pada bayi 

Batuk pilek adalah penyakit yang sering menyerang bayi yang merupakan salah satu bentuk mekanisme tubuh dalam melawan virus serta melindungi pernapasan. Minyak kutus-kutus bisa membantu Moms dalam meredakan batuk flu yang diderita oleh sang buah hati. Caranya balurkan minyak pada telapak kaki, termasuk sela jari kaki dan garis tulang punggung, dari pinggang hingga leher.Moms juga dapat membalurkan minyak pada ubun-ubun, belakang telinga, leher seluruh punggung, tenggorokan, dada, perut, dan batang hidung. 

Sebagai antioksidan 

Berbagai macam bahan alami seperti temulawak, bunga lawang, daun neen, serta bahan alami lainnya yang dikenal sebagai unsur herbal dan mampu menjadi antioksidan. Sehingga tak heran minyak kutus-kutus dipercaya mampu menangkal kanker serta menjaga kekebalan tubuh, karena bisa menjaga tubuh dari bakteri, virus, dan jamur yang menyebabkan infeksi.

Membangunkan sel-sel penyembuh

Kutus kutus disebut sebagai minyak pembangun sel-sel penyembuh dalam tubuh yang selama ini tertidur. Dengan mengoleskan minyak ini, maka tubuh lebih kuat melawan virus dan penyakit yang bisa menyerang kapan saja. 

Meningkatkan vitalitas 

Kandungan purwaceng di dalamnya dipercaya dapat meningkatkan vitalitas pria maupun wanita. 

Itulah 10 manfaat dari minyak kutus kutus yang dapat kita gunakan dalam keseharian.  Namun untuk Moms yang mempunya kulit sensitif,  jangan langsung mengoleskannya ke seluruh area yang sakit, namun  oleskan sedikit dulu karena biasanya minyak aromaterapi berefek gatal / ruam.  

Semoga informasi ini dapat membantu. Oh ya, karena sekarang banyak pedagang nakal jika ingin beli minyak kutus kutus sebaiknya di apotik terpercaya ya,  biar mendapat manfaatnya