Kurang suka sayuran yang dimakan secara langsung? Dibuat green smoothies saja biar kebutuhan serat dan mineral tercukupi. 

Green smoothies salah satu solusi bagi Moms  yang kurang doyan atau belum terbiasa mengonsumsi sayur setiap hari. Merupakan campuran dari sayur dan buah. Selain enak, minuman ini juga menyehatkan. Saya mau rekomendasiin beberapa resep green smothies yang mudah dibuat dan enak pastinya. 

Pakcoy dan nanas 

Bahan :

1/4 nanas madu  

6 lembar daun pakcoy 

3 buah Kurma 

500 ml air kelapa muda

Cara membuat : 

- Potong potong nanas , kurma dan pakcoy.  Lalu tuang air kelapa muda dan blender 

- Untuk air kelapa mudanya saya pakai yang dingin biar langsung minum atau bisa ditaruh di kulkas dulu sebentar sebelum disajikan.. 

Rasa smoothies ini enak dan tidak tercium bau daun pakcoy, malah aroma nanas yang tercium jadi tersa segar. 

Pakcoy dan apel 

Bahan:

1 bonggol pakcoy 

1 buah pisang beku 

2 buah apel Manalagi 

1 buah perasan lemon 

Sejumput garam Himalaya 

Secukupnya air mineral 

Cara membuat: 

- Cuci bersih pakcoy dan apel lalu tiriskan 

- Potong semua bahan lalu beri air mineral dan garam Himalaya,  blender hingga halus

 -Beri perasan lemon dan siap disajikan 

Salada dan wortel

Bahan:

 2 lembar salada 

1 buah pisang beku 

1 buah wortel 

100 ml air kelapa 

Cara Buat : 

- Potong semua bahan lalu tambahkan air kelapa,  blender hingga halus 

- Siap disajikan

Smoothies bisa langsung diminum atau simpan di kulkas biar dingin. 

Untuk green smoothies,   biar lebih enak dan enggak terasa bau sayuran hijau,  lebih baik ditambahkan pisang beku dan nanas,  jadi dapat aroma khas dari pisang maupun nanas yang menyegarkan.  Selain itu teksturnya jadi lebih kental. 

Green smoothies memiliki banyak manfaat kesehatan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: 

Menawarkan nutrisi murni 

Selain sayuran hijau, buah-buahan seperti apel, pisang, alpukat, dan mangga juga sering ditambahkan ke dalam jus. Buah-buahan dan juga sayuran yang digunakan dalam green smoothies nyaris semua kaya akan vitamin dan nutrisi. Terutama vitamin C, A, dan juga E.

Mudah dan cepat dibuat 

Hanya butuh 5 menit untuk membuat green smoothies dan peralatan yang dibutuhkan hanya blender. Bandingkan dengan dimasak, yang membutuhkan waktu 30 menit sebelum bisa dikonsumsi. 

Memberikan sumber energi 

Buah-buahan merupakan sumber energi yang baik, tapi dimakan sendiri hanya akan memberikan ledakan singkat energi (mengandung banyak gula, yang dengan cepat dimetabolisme). Karena ada kandungan tinggi dari sayuran, green smoothie memiliki kandungan gula yang seimbang 

Baik untuk pencernaan 

Green smoothies  lebih kaya akan serat dan nutrisi. Serat baik untuk kesehatan usus dan membuatnya tetap bekerja. Selain itu, smoothies juga bisa mencegah konstipasi.

Membersihkan kulit smoothie

Seperti yang sudah disebutkan di atas, green smoothies  kaya akan serat dan memungkinkan tubuh mengeluarkan racun-racun yang ada di dalamnya. Vitamin E yang bekerjasama dengan vitamin C pada sayuran hijau membantu menjaga kulit Moms tetap awet muda.