Nenek dapat menjadi bagian penting dari kehidupan anak-anak Moms. Ibu dari Moms dan Dads ini tak jarang memberikan bantuan finansial demi memanjakan cucunya, bahkan menyediakan diri sebagai tempat penitipan si Kecil. Pengasuhan si Kecil yang dipegang dan diawasi oleh neneknya, terutama sangat diperlukan bagi Moms yang bekerja. Sepanjang hari, dari pagi hingga sore, si Kecil akan bersama neneknya lebih dirasakan aman oleh banyak working Moms.  

Nah, jadi memang perlu mendekatkan sang Nenek kepada cucunya. Salah satu cara terbaik adalah memberikan panggilan kesayangan untuk ibu atau ibu mertua Moms. Namun, sebutan nenek atau eyang ini terkadang dirasa terlalu kaku dan kuno. Apalagi jika ibu atau ibu mertua Moms itu tergolong sosok yang cihuy dan berusia cukup muda untuk menjadi nenek. Nah, berikut beberapa insprirasi panggilan pengganti untuk nenek dari daerah, mancanegara dan selebritas.

  1. Yangti : singkatan dari eyang putri, yang merupakan nenek dari bahasa Jawa
  2. Mbah Ti : dalam bahasa Jawa ada panggilan mbah putri untuk nenek, Nah, biar singkat dijadikan Mbah ti.
  3. Nin : ini panggilan kekinian untuk Nini, yang berarti nenek dari bahasa Sunda
  4. Nimud : singkatan Nini muda dari bahasa sunda
  5. Neli : singkatan dari Nenek lincah . Cocok untuk nenek si Kecil yang sigap beraktivitas ke sana ke mari. 
  6. Abba : terinspirasi dari grup pop asal Swedia tahun 1970-an seperti "Dancing Queen" dan "Mama Mia", maka "Abba"  bisa menjadi nama yang unik ntuk seorang nenek.
  7. Abuela : dari bahasa Spanyol, "abuela" atau "abuelita". Moms juga memakai versi singkatannya, yaitu "tita" atau "lita".
  8. Baba : ini versi singkatan dari "Babusia," nama resmi untuk nenek dalam bahasa Ukraina.  
  9. Bella :  berarti "cantik" dalam bahasa Italia. Panggilan sempurna untuk nenek yang manis, penyayang, dan baik hati!
  10. Bibi : panggilan nenek dari bahasa Swahili umumnya digunakan di Afrika Timur, 
  11. Cookie : Nenek identik dengan sosok memanjakan cucunya dengan kue. Moms bisa jadikan penyebutan kue dalam bahasa Inggris untuk pengganti nama nenek.
  12. G-Ma : dibaca Ji-ma. Merupakan singkatan dari “grandma”, panggilan nenek dalam bahasa Inggris.
  13. GiGi : Julukan nenek ini  menjadi panggilan mudah dan diucapkan oleh si Kecil.
  14. Glamma : merupakan kependekan dari "Glamour grandma" atau nenek glamor. Panggilan cocok untuk nenek si Kecil yang selalu tampail elegan. 
  15. Glammy : ini merupakan singkatan “glamour grandmommy”. Panggilan ini juga cocok untuk nenek yang elegan atau penuh gaya. 
  16. Gram : dibaca grem. Merupakan nama panggilan umum untuk seorang nenek dalam tradisi Inggris klasik. Panggilan ini pun terasa lebih santai daripada “grandmother” .
  17. Grand-mère : ini panggilan elegan untuk nenek dalam bahasa Prancis.  Panggilan ini juga dapat disingkat menjadi "Mémé."
  18. Lola : nama "Lola" adalah nama panggilan nenek yang populer di Filipina. Panggilan yang mudah diucapkan si Kecil dan mengesankan neneknya muda. 
  19. Lolly ; Ini juga panggilan  menggemaskan dari seorang nenek. Pas banget jika kakeknya  dipanggil dengan "Pop!". Bila disatukan keduanya menjadi permen favorit masa, yakni permen lolipop.
  20. MawMaw : panggilan nenek yang umum diucapkan di negara bagian Lousiana, AS.  Selain itu, "MeeMaw (baca: Mimau)"  juga menjadi panggilan familiar untuk  nenek di negara yang kental dengan  tradisional Selatan.
  21. Minnie : Nama terinspirasi dari serial Disney menjadikan julukan yang imut untuk nenek. Klop banget jika kakek si Kecil dipanggil dengan menggunakan "Mickey."
  22. Momsie : Jika nenek si Kecil merupakan sosok sangat keibuan, pertimbangkan untuk memanggilnya "Momsie" atau "Mumsie".
  23. Moo-Moo : bisa juga "Grand-moo" menjadi pangggilan yang menyenangkan untuk setiap nenek, terutama yang mencintai hewan sapi yang lucu dan sangat bermanfaat bagi manusia. 
  24. Nanna : Tidak hanya menjadi panggilan yang manis dan penuh kasih sayang, Nama ini  juga mudah difalkan cucunya.
  25. Nonna : berarti nenek dalam bahasa Italia, tapi berarti seorang gadis dalam bahasa Indonesia. Pas banget untuk nenek si Kecil yang berjiwa muda. 
  26. TuTu : Ibu Moms merupakan sosok yang tenang dan mengayomi? Memberinya nama panggilan "TuTu" akan cocok. Nama ini panggilan nenek versi Hawaii.
  27. Yia Yia : diiucapkan "Ya Ya" menjadi nama panggilan yang terdengar bahagia untuk seorang nenek.
  28. Granda : dibacanya Grenda. Sebelum cucunya lahir, penyanyi Ashanty sudah terang-terangan tak ingin dipanggil nenek. Ia meminta dipanggil Granda yang singkatan dari Grandmother Bunda.
  29. Granmi : dibacanya Grenmi adalah panggilan nenek yang disiapkan Krisdayanti. Krisdayanti dipanggil Mimi oleh anak-anaknya. Jadi Granmi adalah singkatan dari  “Grandmother mimi”.
  30. Momma : dari unggahan instagramnya bersama para cucunya, aktris lawas Lydia Kandou menyebut dirinya “Momma” sebagai pengganti panggilan nenek. 
  31. Tieta : menjadi panggilan nenek untuk ibu dari selebritas Nagita Slavina. Nama ini sepertinya singkatan dari Uti atau Mbah Putri dan Rieta (nama ibu dari Nagita). Tieta pun mirip panggilan pendek “abuelita” atau nenek dalam bahasa Spanyol.
  32. Lovie : ini yang diinginkan oleh Kris Jenner, ibu dari The Kardashian family, bila cucu-cucunya ingin memanggilnya. Lovie dekat dengan kata “love” atau cinta. Nenek memang ingin dicintai cucunya bukan? 

Untuk panggilan bagi Ibu dan ibu mertua sebagai nenek dari si Kecil ada baiknya dibicarakan dulu dengan mereka. Berikan beberapa pilihan. Dan, biarkan mereka memilihnya. Pertimbangkan juga pilihan nama yang tidak sulit diucapkan oleh si Kecil.

^IK