Pandemi COVID-19 membuat Moms dan keluarga tidak bisa mengunjungi saudara atau sahabat dekat Moms. Tapi kue lebaran yang Moms  buat sendiri bisa menjadi pengganti kehadiran Moms. 

Membuat kue lebaran juga bisa menjadi acara seru dan menyenangkan bagi Moms bersama si Kecil di dapur. Anak misalnya bisa membantu menghias kue sesuai keinginan dia. Yuk, coba di akhir pekan ini.

Cornflakes Madu

Bahan:

Caranya

  1. Lelehkan mentega dengan api kecil. Lalu tambahkan madu, gula pasir, aduk rata.
  2.  Dalam mangkuk besar, hancurkan cornflakes menjadi potongan-potongan kecil. Lalu, tuangkan campuran mentega, madu dan gula ke dalam mangkuk.
  3. Aduk rata sampai cornflakes terlapisi secara merata.
  4. Ambil adonan dengan  sendok makan kecil atau sendok es krim, tempatkan ke dalam papercup mini dan hiasi dengan potongan ceri atau taburan pelangi sesuai keinginan.
  5. Panggang selama 10-15 menit pada suhu 150 ° C. Kemudian, biarkan dingin dan simpan dalam wadah kedap udara.

Cornflakes Coklat 

Bahan:

Cara membuat: 

  1. Panaskan oven dan panggang almond cincang pada suhu 170 ° C selama 10-15 menit atau sampai almond matang sempurna. Angkat dan dinginkan.
  2. Tuang cornflakes ke dalam mangkuk besar dan hancurkan perlahan menjadi potongan-potongan kecil agar mudah dimasukkan ke dalam papercup  nanti.
  3. Potong coklat batangan menjadi potongan-potongan kecil agar mudah meleleh. Dengan  metode double boil atau bain marie, yaitu  memanaskan air di panci yang di atasnya ditempatkan mangkuk kaca anti panas, lalu  lelehkan cokelat dengan mentega putih (mentega) sampai tercampur rata.
  4. Tuangkan cokelat leleh ke dalam cornflakes dan campur dengan almond cincang hingga terlapisi secara merata. Lalu, tempatkan ke dalam cangkir kertas mini dengan sendok.
  5. Hiasi dengan taburan pelangi saat coklat masih lengket. Kemudian, biarkan dingin dan simpan dalam wadah kedap udara

Kue semprit

Bahan:

Caranya: 

  1. Dalam mangkuk besar, campurkan mentega dan susu kental manis, aduk rata.
  2. Tambahkan tepung jagung dan gula halus. Uleni adonan hingga lembut dan halus (tidak menempel di tangan).
  3. Masukan adonan ke dalam cetakan kue semprit. Lalu, tekan dan cetak di atas  loyang yang sebelumnya sudah sudah diolesi mentega. Hiasi dengan ceri dan diamkan selama 30 menit.
  4. Panggang pada suhu 160 ° C selama 20-25 menit. Kemudian, biarkan dingin sebelum dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.

Mini Choco Chips

Bahan:

Caranya: 

  1. Campur mentega, gula merah, ekstrak vanila, dan telur dalam mangkuk besar.
  2. Aduk hingga halus. Kemudian tambahkan tepung terigu, tepung jagung, baking powder, soda kue, dan minyak. Aduk sampai semua tercampur dan tambahkan chocolate chip.
  3. Masukkan adonan kue ke dalam lemari es selama 30 menit.
  4. Panaskan terlebih dulu oven sampai sampai 150 ° C.
  5. Sendok adonan dengan sendok es krim,  satu demi satu di loyang. Beri jarak antar kue, karena adonan kue akan mengembang saat dipanggang di dalam oven.
  6. Panggang selama 20 menit pada suhu 150 ° C.
  7. Kue Anda sudah matang jika sudah tampak mengembang dan berwarna cokelat keemasan.
  8. Biarkan dingin sebelum mengeluarkannya dari Loyang

Kue Kacang Mete

Bahan:

Caranya: 

  1. Dalam mangkuk mixer, tambahkan mentega dan gula halus,  aduk sampai tercampur rata. Lalu, tambahkan susu bubuk dan aduk. Tambahkan kuning telur dan aduk kembali, sampai tercampur.
  2. Tambahkan ekstrak vanila, baking powder, dan jambu mete yang sudah diblender halus, kemudian aduk sampai tercampur rata. Tambahkan tepung, tapi jangan sekaligus.  Aduk setiap saat agar tercampur. Ganti  memakai  spatula saat adonan sudah berat untuk mixer. Bentuk menjadi bola dan tutup dengan plastik kemasan (wrap plastic)  agar adonan tidak kering.
  3. Ambil 1/3 bagian adonan. Ratakan dengan bantuan roll  kue kayu atau botol hihgga ketebalan kurang lebih 1 cm. Bagian bawah adonan dan atasnya alasi dengan plastik kemasaan agar  tidak lengket dan mudah saat diratakan. 
  4. Cetak kue dengan cetakan kue yang sebelumnya dicelupkan ke dalam tepung.  Tempatkan kue yang sudah dicetak  di atas loyang. Olesi bagian atasnya dengan kuning telur. Hiasi bagian atasnya dengan  kacang mete, tekan sedikit ke dalam adonan. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan 150ºC selama 10-15 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan dan matang sepenuhnya. Dinginkan sepenuhnya di rak sebelum ditata.