Melewati proses melahirkan dan menjalani hidup sebagai ibu baru, bagi sebagian besar orang, bukanlah hal yang mudah. Dukungan dari orang-orang terdekat, termasuk sahabat sangat mereka butuhkan. Sekadar ucapan selamat saja sudah membuat mereka senang lho, Moms.. 

Sebagai sahabat, mungkin Moms bisa melakukan lebih dari sekadar ucapan selamat atau memberikan kado. Beberapa ide ungkapan rasa bahagia atau pun bentuk dukungan ini, bisa Moms terapkan kepada teman dan sahabat yang baru melahirkan. 

Bawakan atau kirimkan makanan 

Bagi ibu yang baru melahirkan,  mungkin tidak punya cukup waktu untuk memasak karena waktunya tersita untuk mengurus bayi. Nah, sebagai sahabat, Moms bisa memberikan  hadiah berupa  makanan siap santap. Moms bisa membawakan makanan bergizi seperti  sayur katuk dan  ikan atau ayam goreng. Moms juga bisa memberinya persediaan makanan matang yang bisa disimpan di kulkas dan siap digoreng kapang saja, seperti ayam dan ikan ungkep. Atau gulai ayam dan sop daging yang tinggal dimasukkan ke microwave jika ingin disantap. 

Berikan waktu untuk tidur siang 

Jika Moms berkunjung untuk menjenguk bayi di siang hari,  Moms bisa memberi waktu pada sahabat untuk tidur siang dengan menjaga si Kecil. Seperti yang kita tahu, waktu tidur newborn berbeda dengan kita. Malam hari dipakai untuk main alias begadang, dan siang hari dihabiskan untuk tidur. 

Beri hadiah pijat nifas dan bayi 

Berikan hadiah berupa voucher pijat nifas dan bayi yang dapat digunakan di mana saja , sebagai apresiasi atas perjuangan sahabat Moms yang telah berhasil melahirkan malaikat kecil. 

Belikan kebutuhanya 

Moms bisa membelikan kebutuhan sahabat. Jika Moms pergi ke swalayan atau pasar,  Moms dapat menanyakan apa saja kebutuhan sahabat,  lalu mengantarkannya ke rumah. 

Sebagai support system 

Sebagai ibu baru, teman membutuhkan banyak masukan dari yang telah berpengalaman. Nah, Moms bisa banget nih, menjadi  support system buat si ibu,  dengan memberinya saran, tip atau pun trik cara mengASIhi atau pun merawat bayi. 

Temani 

Jika sahabat Moms sebagai perantau atau jauh dari sanak keluarga, Moms bisa menawarkan bantuan untuk menemani dirinya selama suami kerja di siang hari. Kasihan juga kan, Moms, dia hanya berdua saja di rumah bersama bayinya. Tentunya sebelum meneman, i izin terlebih dahulu pada suami ya, Moms. 

Jadi Moms, banyak hal baik yang dapat kita lakukan sebagai sahabat untuk teman yang baru melahirkan bukan hanya memberi kado berupa materi. Biasanya hal-hal seperti di atas akan lebih bermakna atau berkenang di hati sahabat .