Mengajari si Kecil yang masih batita atau balita tentang terjadinya perubahan iklim? Itu mungkin berlebihan ya, Moms. Begitu juga jika Moms bercerita panjang lebar soal bahayanya GMO (produk rekayasa genetik) bagi kelestarian hayati di bumi. Ada cara yang lebih sederhana mengajari si Kecil untuk mencintai bumi dan lingkungan.

Memberikan pendidikan pada anak tentang pentingnya mencintai bumi dan peduli pada lingkungan memang perlu dilakukan sejak dini, Moms. Sehingga ketika menginjak dewasa, ia sudah terbiasa untuk melakukan berbagai hal  yang ramah lingkungan. Meski si Kecil tidak  mengerti soal perubahan iklim, polusi dan sebagainya, namun anak-anak justru lebih memiliki kemampuan untuk belajar tentang bumi dan mulai menghargainya ketika Moms mengenalkannya. 

Di bawah beberapa tip yang bisa Moms  lakukan bersama si Kecil untuk menanamkan kecintaan pada bumi dan lingkungan: 

Belajar dengan pengalaman

Saat Moms menanam bibit pohon atau bunga, biarkan si Kecil ikut bergabung. Biarkan anak memegang tanah untuk belajar tentang tekstur, berat, dan kelembapan tanah di halaman belakang rumah Moms. 

Saat mengajaknya di taman, biarkan seorang anak merasakan kulit kayu dan daun dari pohon yang dikenalnya. Bolehkan ia membawa pulang daun yang jatuh untuk lebih merasakan tekstur dan mengamati bentuknya. Ciptakan pengalaman sederhana yang mengikat si Kecil dengan alam.

Lakukan secara kontinyu

Anak-anak belajar dengan baik melalui paparan berulang pada pengalaman konkret. Apakah anak senang saat diajarkan menciptakan suara bersiul dengan sehelai rumput di tangannya? Ajak dia keluar setiap sore untuk mencari rumput sambil bersiul atau menyanyikan lagu kesukaannya. 

Gabungkan alam dengan pengalaman bermain luar ruangan anak 

Apakah Moms memiliki ayunan di halaman ? Coba tambahkan pengumpan burung ke salah satu tiang. Dan jika  Moms dan anak Anda menikmati sayuran dan herba segar, buatlah kebun sayuran atau herba di halaman yang  dekat area anak bermain

Tunjukkan kenikmatan alam bagi Moms  

Menunjukkan pohon yang menurut Moms indah, atau mendorong anak-anak untuk mencium bunga favorit Anda akan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda juga mencintai dan menghormati alam.

Contohkan upaya merawat lingkungan

Saat menyirami tanaman, jelaskan kepada si Kecil bahwa Moms  menyiram tanaman agar tanaman bertumbuh. Tunjukkan pula dalam  menyirami halaman rumput dan tanaman itu hanya sebanyak yang diperlukan dan tidak lebih, untuk menghemat air. Biarkan anak-anak melihat Anda menyortir tempat sampah daur ulang, dan jelaskan alasannya. Tunjukkan pula Moms selalu mematikan lampu saat keluar dari ruangan untuk menghemat energi. Ini akan mendorong anak-anak untuk melakukan upaya serupa.

Izinkan anak-anak untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan

Jelaskan mengapa plastik harus digabung dengan produk berbahan plastik, begitu juga produk dari kertas, saat membuang sampah. Biarkan mereka membantu menyortir daur ulang. Ingatkan anak untuk tidak membiarkan televisi menyala jika mereka tidak sedang menontonnya, atau jangan biarkan air mengalir jika selesai mencuci tangan. Anak-anak akan bangga membantu dengan cara-cara kecil.

Bantu ia mengerti dengan buku dan film

Moms mengalami kesulitan membuat anak-anak memiliki keterlibatan emosional soal pengelolaan lingkungan? Coba buka kesadarannya lewat buku dan film. Banyak sekali buku-buku bergambar menarik yang bagus untuk dibacakan kepada anak tentang bersikap  ramah pada lingkungan. Begitu juga film-film. Banyak film tentang lingkungan yang bisa menyentuh emosional si Kecil tentang pentingnya menjaga bumi. 

Yuk, Moms, ajak si Kecil untuk mencintai bumi dari sekarang.