Bulan Mei pada minggu kedua dirayakan sebagai Hari Ibu di banyak negara di dunia. Perayaaan di tahun ini yang jatuh pada tanggal 9 Mei disebut sebagai Mother’s Day. Sejarah Mother’s Day berbeda dengan Hari ibu yang dirayakan di Indonesia setiap tanggal 22 Desember. 

Mother’s Day adalah perayaan ibu keluarga. Seorang ibu dengan kasih sayangnya yang tiada batas membimbing dan membesarkan anaknya hingga dewasa.  Bagaimana Moms merayakannya, sekaligus mengenalkan si Kecil mengekspresikan rasa cinta kepada ibunya di momen spesial ini. Coba cek beberapa ide ini:

Lakukan ‘liburan’ impian

Bagikan destinasi liburan impian Anda. Moms bermimpi ke Paris? Di hari spesial ini sajikan sedikit cita rasa Prancis, seperti  croissant , quiche aau crème brulee. Berikan sentuhan tambahan, seperti hiasi dapur atau meja ruang makan dengan taplak meja kotak-kotak merah-putih dan bunga segar, putar musik Prancis, dan  sapa anak beberapa kata dasar dalam bahasa Prancis, seperti bonjour (selamat pagi) dan merci (terima kasih). Anak bisa mengenal liburan impian ibunya dan siapa tahu kelak ia membelikan Moms tiket berlibur ke sini. 

Berbagi kenangan kebahagiaan masa kecil

Bagikan kenangan kebahagiaan Moms sewaktu kecil dan remaja bersama ibu dengan melihat album foto atau video lama. Jika Moms tinggal berdekatan dengan ibu Moms, mintalah anak untuk mengambil foto atau video dengan pose seperti foto dan video itu. Moms dan ibu bisa berdandan seperti foto lama itu. Anak-anak akan menyukai gaya pakaian yang Moms kenakan.  Belum lagi fakta bahwa Moms pernah menjadi bayi, balita, atau remaja.

Satukan humor kehidupan keluarga

Buat komik keluarga. Ambil selembar kertas panjang, bagi menjadi tiga atau empat kotak besar, seperti strip komik koran. Kemudian pikirkan acara, perayaan, atau sesuatu yang lucu yang terjadi setahun terakhir ini, dan ilustrasikan dengan spidol, krayon, atau cat. Pastikan memasukkan dialog, tanggal, dan judul, seperti "Hidup dengan Kitty si Kucing Lucu". Anak yang lebih besar dapat membantu menggambar dan menulis, sementara anak yang lebih kecil dapat membantu mewarnai. Simpan komik ini, dan buat komik lain untuk tahun-tahun mendatang. Bila sudah banyak, satukan menjadi  buku yang indah.

Meriahkan dengan musik

Tidak ada yang lebih mencerahkan perayaan keluarga selain musik. Tetapi jika Moms ingin benar-benar meningkatkan volume untuk kesenangan, adakan kontes lip-synch. Setiap peserta boleh memilih favoritnya dan unjuk gaya terbaik dalam bernyanyi. Untuk si Kecil, Moms bisa putarkan lagu I Love You dari Barney dan ajak ia bernyanyi sambil beraksi seperti Barney. Setiap anggota keluarga bisa memberikan skor untuk setiap penampilan.  Sediakan hadiah seru untuk pemenang kontes

Menanam bunga kasih Ibu

Jika Moms memiliki halaman ekstra, Anda dapat membuat kanvas Hari Ibu yang nyata. Pertama, belilah bibit bunga cantik yang dapat tumbuh subur di wilayah Anda. Kemudian mintalah anak-anak Anda menggambar atau menulis pesan singkat (seperti “ love U Mom") di tanah kebun dengan tongkat. Jatuhkan biji bunga ke dalam garis tanah; lalu tutupi, dan sirami setiap beberapa hari. Tak lama kemudian, gambar (atau pesan) itu akan bermekaran, dan Anda akan memiliki kado ‘hidup’ Hari Ibu .

Cetak pertumbuhan mereka

Di hari yang cerah, Moms siapkan beberapa bak kecil berisi cat warna warni dan gulungan  karton panjang di halaman. Lalu ajaklah anak-anak Anda mencelupkan tangan dan kaki mereka ke bak cat, kemudian menempelkannya di karton.  Beri label setiap jejak tangan dan jejak kaki anak dengan nama pesan khusus untuk Ibu. Biarkan karya kolektif ini mengering. Coba aktivitas ini lagi tahun depan. Lihat seberapa besar beberapa tangan dan kaki anak telah menjadi lebih besar! 

Bacakan buku favorit

Buatlah semacam piknik di luar. Lalu, bacakan buku bertema Ibu. Moms juga dapat memilih salah satu buku favorit masa kecil, dan membacanya bersama anak-anak Anda.

Saatnya berpelukan….

Seperti apa Hari Ibu tanpa pelukan dan ciuman? Hari ini bisa menjadi  jadwal Moms untuk mendapatkan  pelukan dan ciuman. Tempelkan jadwal ini di lemari es atau tempat lain yang mudah terlihat. Misalnya, Moms bisa menulis: pukul 08.00: Semua orang berlarian di sekitar sofa dan memeluk dan mencium Ibu. Atau pukul 16:00: Semua orang melompat mengitari meja makan dengan satu kaki, lakukan  group hugs. Sertakan banyak pelukan, ciuman, dan tawa di hari Moms.

Manjakan diri Anda

Di Hari Ibu, saatnya Anda untuk sedikit istirahat dan relaksasi. Pastikan Moms mendapatkan yang diinginkan, dan memang pantas Anda dapatkan.  Beberapa hari sebelum Hari Ibu, berikan suami dan anak  daftar keinginan Anda.  Lakukan bergantian selama pekan hari Ibu, seperti: 

Happy Mother’s Day.