Menjalani masa kehamilan yang nyaman dan sehat menjadi harapan setiap ibu hamil. Tetapi pada kenyataannya banyak sekali ketidaknyamanan serta hambatan yang di hadapi, selain ketidaknyamanan umum,  seperti mual muntah atau sering lelah. Tidak jarang beberapa Moms mengalami keguguran di minggu-minggu awal kehamilannya. 

Wanita manapun yang pernah atau sedang mengalami keguguran,  terlebih jika kehamilan tersebut adalah kehamilan yang lama diidam-idamkan,  tentunya akan merasa sangat terguncang. 

Jika dilihat dari aspek mental dan emosi,  kemungkinan Moms yang pernah mengalami keguguran akan mudah merasakan perubahan emosi yang cepat,  dan umumnya akan merasa tidak percaya diri lagi. Banyak juga  yang akhirnya terus larut di dalam kesedihan dan keterpurukan setelah mengalami keguguran. 

Tetapi hidup. harus tetap berjalan,  banyak hal di luar sana yang masih mengharapkan semangat Moms kembali. Berikut adalah beberapa tip yang bisa Mms lakukan untuk mengatasi kesedihan pasca keguguran :

Cari bantuan 

Terbukalah Moms dan cari bantuan. Mencari bantuan yang dimaksud disini adalah Moms bisa meminta kesediaan pasangan atau orang terdekat untuk senantiasa mendengarkan beberapa cerita tentang apa yang sedang Moms alami. Dekatkanlah diri kepada Tuhan dan beberapa orang yang selalu setia mendukung dan memberikan kenyamanan. 

Menerima 

Sangat normal jika saat ini Moms merasa sedih hingga seperti kehilangan arah. Mungkin beberapa hari atau minggu ke depan Moms akan merasa sangat sedih mendengar suara bayi atau hal-hal yang berkaitan dengan bayi. Moms tidak perlu menahan rasa sedih tersebut. Moms harus memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk bersedih dan mengingat hal-hal tersebut. Terkadang memberikan kesempatan diri untuk tetap menangis dan bersedih beberapa saat, akan  membuat Moms menjadi lebih baik lagi. 

Tanya ahli

Tidak semua orang memiliki mental dan emosi yang sama. Kehilangan merupakan hal yang sangat sensitif untuk beberapa orang,  bahkan terkadang bisa menjadi pemicu depresi. Moms yang sedang bersedih dan merasa bahwa lingkungan hingga diri sendiri menjadi tidak terkontrol setiap harinya,  maka sudah saatnya mempertimbangkan untuk berkonsultasi pada dokter atau psikolog. 

Bersedih setelah kehilangan adalah hal yang sangat normal tetapi Moms hendaknya tetap mengingat bahwa hidup harus terus berjalan. Tetap semangat dan bahagia,  serta jangan lupa bersyukur di setiap waktu.