Origami merupakan kesenian tradisional melipat kertas atau kain dari Jepang yang dimulai pada pertengahan tahun 1900an dan sekarang sudah semakin berkembang menjadi sebuah bentuk seni yang modern di seluruh dunia. Tujuan dari seni origami ini adalah agar dapat mengubah kertas atau kain menjadi berbagai bentuk dengan menggunakan teknik melipat .. 

Ada beberapa dasar bentuk origami yaitu book base, cupboard base, organ base, kite base, diamond base, fish base dan square base . 

Kegiatan membuat origami ini sangat menyenangkan dan dapat merangsang kreativitas anak, melatih kecepatan dalam melakukan gerak motorik tangan anak, sekaligus juga dapat melatih daya ingat. 

Biasanya saat pandemi dan mengharuskan diam di rumah saja, kegiatan membuat origami menjadi salah satu solusi agar anak tidak bosan dan menjadi bonding untuk orangtua bersama anak yang memberikan edukasi sekaligus hiburan.  

Origami pada umumnya memakai bahan dasar kertas warna warni yang biasa disebut kertas origami, lalu dilipat dan dibentuk dengan beragam macam bentuk binatang, bunga, baju dan banyak lagi. Hal - hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat origami pun sangat mudah didapat di rumah yaitu kertas lipat, pinset, pensil atau spidol, penggaris, perekat atau lem, gunting atau kater. 

Salah satu kreasi origami buatanku bersama anak adalah membuat origami finger doll dalam bentuk kepala binatang yang bisa dimasukkan ke jari jari tangan lalu aku gerakan sambil memakai skenario cerita atau dongeng. Biasanya bila ada bentuk origami yang sulit untuk dibuat, maka aku akan menonton tutorial di youtube tapi aku juga biasa memakai aplikasinya. Ini ada beberapa contoh aplikasi yang menyediakan referensi tutorial ide membuat origami . 

Tutorial origami sederhana 

Aplikasi ini sangat mudah digunakan,  tidak memerlukan koneksi data atau internet, hemat memori, ringan dan mendukung hampir semua perangkat android.

 Ide origami kertas 

Aplikasi ini berisi tentang kumpulan cara membuat origami dengan sangat mudah 

Cara membuat origami

Aplikasi ini memberikan berbagai macam cara membuat origami dengan mudah dan menyenangkan. 

Untuk Moms,  kalian bisa loh,  memakai kegiatan membuat origami yang menyenangkan bersama anak bisa dimulai dengan beragam bentuk origami yang mudah dibuat.