Moms di tengah pandemi ini banyak perusahaan yang membuat kebijakan untuk para karyawannya bekerja dari rumah guna menghindari penyebaran wabah covid 19.Hal ini juga saya alami sebagai seorang working mom yang diharuskan oleh perusahaan bekerja dari rumah selama pandemi ini masih berlangsung. Di satu sisi ada rasa bahagia karena bisa full time di rumah bersama anak dan keluarga.Namun disisi lain ada kekhawatiran apakah bekerja di rumah akan efektif dan bebas dari gangguan anak,  terutama karena saat ini anak saya sedang sangat aktif aktifnya.Setelah dijalani memang tidak mudah ada beberapa hambatan yang saya alami selama bekerja di rumah,  di antaranya: 

 

Tidak luput dari gangguan si Kecil 

Saat harus mengerjakan pekerjaan kantor seringkali tiba tiba si kecil datang dan mulai ‘merusuh’ seperti mengacak ngacak alat tulis ,serta kertas kertas file dan dokumen yang ada.

 

Anak menjadi lebih manja dan menuntut perhatian lebih 

Hal ini dikarenakan biasanya anak ditinggal bekerja dan diasuh oleh orang lain sehingga saat mamanya tidak bekerja dan ada di rumah si Kecil tampak selalu ingin dekat dan bermanja dengan sang mama.  

 

Kesulitan membagi konsentrasi 

Saat bekerja di rumah justru terkadang tidak bisa sepenuhnya fokus karena ada banyak hal yang dipikirkan,  seperti harus membagi waktu untuk pekerjaan rumah, mengurus suami dan anak serta hal lainnya yang bisa memecah konsentrasi selama bekerja di rumah. 

 

Suasana rumah tidak mendukung untuk bekerja 

Saat bekerja di kantor suasana dan lingkungannya sangat mendukung untuk kita bekerja  lebih giat. Berbeda dengan suasana di rumah. Karena itu, ciptakan suasana bekerja di rumah yang nyaman dan tenang. Pilihlah waktu bekerja yang tepat seperti saat anak sedang tidur atau ketika anak sedang berada dalam pengawasan suami.  Moms bisa memasang musik atau menyediakan camilan saat bekerja untuk meningkatkan mood selama bekerja.  Saat bekerja Moms bisa menyendiri di tempat yang aman dari gangguan si Kecil. 


Itulah beberapa tip yang saya lakukan saat harus bekerja di rumah.Menjadi seorang working mom menang bukan hal yang mudah karena banyak hal yang harus dikorbankan tapi apa pun pilihan Moms,  anak dan keluarga tetaplah prioritas utama.