Olahan nasi yang digulung pakai nori dengan isian berbagai sayuran dan lauk ini disebutnya Kimbap atau Gimbap. Kalau Moms sering nonton drama Korea pasti udah enggak asing lagi dengan makanan satu ini. 

Tapi, tahu enggak kalau Kimbap ini juga mirip dengan Norimaki Sushi, makanan khas Jepang? Tampilannya memang serupa tapi ada perbedaannya nih, Moms. Kedua jenis makanan ini sama-sama menggunakan nasi untuk bagian utamanya. Digulung menggunakan nori atau lembaran rumput laut kering yang besar. Penyajiannya juga mirip, Moms. Sama-sama dipotong berbentuk bulat. Tetapi, nasi yang dipakai pada Kimbap dibumbui dengan minyak wijen, sedangkan pada Norimaki Sushi menggunakan cuka beras. 

Lalu, isian Kimbap selalu menggunakan makanan matang atau daging yang diawetkan, sedangkan Norimaki bisa menggunakan ikan mentah. Isian lain pada Kimbap juga biasanya menggunakan sayuran seperti wortel, lobak, atau juga bayam. Lain halnya kalau Norimaki Sushi, biasanya isiannya menggunakan alpukat, daging salmon, atau daging kepiting. Kalau secara tampilan, potongan Kimbap lebih tipis dibandingkan Norimaki Sushi. 

Nah, sekarang kita coba bikin Kimbap sendiri di rumah, yuk! 

Bahan-bahannya: 

1 mangkuk nasi pulen yang masih panas 

1 sdm minyak wijen 

1/4 sdt garam 

2 lembar nori atau rumput laut ukuran besar 

Minyak goreng secukupnya 

Biji wijen yang telah disangrai untuk taburan 

1 buah wortel ukuran sedang 

1 buah mentimun ukuran sedang 

Secukupnya bayam 

2 butir telur 

6 buah nugget 

Cara membuat: 

  1. Kupas dan cuci wortel dan mentimun. Potong-potong memanjang dan tipis. Kemudian tumis dengan sedikit minyak dan taburi garam secukupnya. Sisihkan.
  2. Cuci bersih bayam lalu potong sesuai selera. Lalu tumis dengan sedikit minyak dan taburi garam sampai layu. Sisihkan. 
  3. Kocok telur dan beri sedikit garam. Kemudian dadar menggunakan wajan anti lengket. Setelah matang, angkat kemudian potong memanjang. Sisihkan. 
  4. Goreng nugget hingga kering. Angkat dan sisihkan. 
  5. Campurkan nasi yang masih panas di dalam wadah dengan minyak wijen dan garam secukupnya. Aduk-aduk hingga bumbu rata ke seluruh nasi. 
  6. Siapkan alat penggulung sushi lalu letakkan nori di atasnya. 
  7. Ambil nasi di atas nori. Ratakan nasi sambil ditekan agar Kimbap padat dan menempel ketika digulung. 
  8. Susun wortel, bayam, mentimun, telur dadar, dan nugget di atas nasi. 
  9. Gulung perlahan sambil ditekan-tekan agar padat. 
  10. Potong Kimbap sesuai selera. Lalu beri taburan biji wijen di atasnya. 
  11. Kimbap siap untuk disajikan. 

Nah, mudah kan, Moms! Kimbap ini makanan yang praktis banget untuk jadi bekal ke kantor atau pun saat piknik. Siap untuk coba masak di rumah? Selamat memasak!