Saat bulan suci Ramadan, topik mengenai makanan yang digunakan untuk berbuka puasa adalah topik yang selalu menarik untuk dibahas. Sebenarnya tidak ada aturan baku tentang makanan yang bisa digunakan untuk berbuka puasa. Namun, setelah seharian berpuasa, tubuh kita akan dehidrasi ringan, oleh sebab itu sebaiknya saat berbuka puasa, dimulai dengan makanan dan minuman yang merehidrasi. 

Nah, buah-buahan adalah salah satu pilihan yang baik, selain karena indeks glikemiknya yang rendah, buah-buah mengandung cairan, vitamin, dan mineral yang bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang selama puasa. Buah apa saja sih yang baik untuk berbuka puasa? Mari kita simak bersama. 

Kurma 

Kurma adalah salah satu buah yang populer digunakan untuk berbuka puasa. Selain karena ini merupakan sunnah yang dicontohkan Rasulullah S.A.W sendiri, buah kurma ternyata memang mengandung banyak serat, vitamin, dan juga mineral yang bisa membantu mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa seharian. 

Pisang 

Buah Pisang adalah salah satu buah untuk buka puasa yang mudah didapat sepanjang tahun karena selalu ada sepanjang tahun. Pisang mengandung serat, juga vitamin B6, C, dan mineral seperti potassium dan kalium yang baik untuk tubuh setelah berpuasa. Pisang juga mengandung karbohidrat sehingga bisa memberikan energi. 

Semangka

Buah yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi ini baik sebagai buah untuk buka puasa karena akan membantu Moms rehidrasi. Tahukah Moms, bahkan kandungan air di dalam buah semangka itu mencapai 91% lo! Tidak hanya itu, semangka juga mengandung serat, vitamin C, tembaga, potassium, vitamin B5, dan juga vitamin C. Selain itu, pada semangka merah, banyak terkandung zat antioksidan bernama likopen yang baik untuk kesehatan kardiovaskular juga kesehatan paru-paru. 

Setelah berbuka puasa, jangan lupa dilanjutkan dengan makanan bergizi seimbang ya, Moms. Kurangi makanan-makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak dan minuman-minuman bergula tinggi juga ya! Supaya puasanya tetap berkah dan kesehatan keluarga tetap terjaga selama puasa. 

Nah, Moms dan keluarga sendiri, biasanya berbuka dengan apa? Apakah ada makanan atau minuman favorit? Bagi ceritanya di kolom komentar, ya!