Pada bulan suci Ramadan umat muslim berpuasa selama lebih dari 10 Jam. Selama berpuasa, waktu makan terbagi menjadi dua yaitu sahur dan buka puasa. Untuk menu sahur dan berbuka puasa, biasanya Moms akan menyajikan makanan yang simpel dan mudah dicerna. 

Pilihan makanan yang salah saat sahur atau pun berbuka, terkadang membuat perut  kita terasa penuh atau kembung dan cepat merasa lapar. Kondisi ini tentunya akan berpengaruh terhadap puasa kita. 

Karena itu, selain makanan berat, sebaiknya di meja makan selalu terhidang buah, baik sebagai makanan penutup atau sumber serat keluarga saat sahur atau pun berbuka puasa. Sebaiknya Moms memilih buah kaya nutrisi dan tinggi kandungan airnya sehingga bisa menghindari Moms dari dehidrasi saat menjalankan ibadan puasa.  Berikut adalah beberapa jenis buah yang bisa Moms sajikan saat sahur : 

Kurma 

Kurma merupakan buah yang keberadaannya memiliki arti khusus di bulan Ramadan. Selain memang dianjurkan oleh ajaran agama, .kurma memiliki banyak manfaat.  Memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang cukup lengkap seperti glukosa, Vitamin B2, B12, Vitamin A dan berbagai mineral lainnya. Selain mengonsumsinya secara langsung, Moms juga  bisa mengolah kurma sebagai smoothies. 

Semangka 

Buah menyegarkan yang kaya air ini bisa menjadi salah satu pilihan buah yang bisa Moms dan keluarga konsumsi pada saat sahur dan berbuka. Selain mengandung air yang banyak, semangka juga kaya vitamin dan mineral. Semangka bisa membantu Moms dan keluarga dari dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa. 

Alpukat

Buah yang sangat creamy ini sangat cocok dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh dan memiliki kandungan protein. Alpukat juga mengandung tinggi serat. Sehingga alpukat mampu menekan rasa lapar ketika Moms dan keluarga sedang berpuasa. 

Apel 

Mengonsumsi apel pada saat sahur dan berbuka merupakan salah satu pilihan tepat. Buah yang memiliki rasa manis dan renyah ini juga sangat menyehatkan. Kandungan seratnya akan membuat Moms dan keluarga  merasa kenyang lebih lama. Memiliki Indeks Glikemik yang rendah, sehingga gula darah  tidak akan melonjak secara mendakak. 

Pisang 

Pisang mengandung banyak kalium yang akan membantu Moms terhindar dari rasa haus. Selain itu pisang juga mengandung anti-inflamasi, serat, dan gula alami yang pastinya sangat membantu untuk Moms tetap berenergi selama menjalani puasa.  

Buah Manakah yang menjadi favorit keluarga, Moms ?