Masa-masa kehamilan tentunya momentum yang sangat didambakan bagi semua pasangan suami istri. Semua ikhtiar dilakukan demi hadirnya sang buah hati yang mereka idamkan. Terlepas dari itu, sebagai calon orangtua,  banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum hadirnya sang malaikat kecil. 

Salah satu hal yang terpenting adalah persiapan finansial. Itulah salah persiapan krusial yang perlu dilakukan para orangtua sebelum kehadiran si Kecil.  Kita harus bijak memilih dan memilah kebutuhan finansial kita sejak program kehamilan. 

Moms bisa mulai dari mempersiapkan tabungan untuk kebutuhan si Kecil. Sisihkan sebagian penghasilan kita untuk kebutuhan si Kecil kelak. Mengapa demikian ? Karena tak bisa dipungkiri kebutuhan si Kecil itu merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda pemenuhannya. Salah satu contoh pemenuhannya yaitu diapers. Maka dari itu, sebagai calon orangtua, Moms harus pandai membiasakan diri untuk berlaku bijak dalam pengelolaan keuangan. 

Tak kalah penting,  sebagai calon orangtua kita juga perlu mempersiapkan finansial untuk mengatasi keadaan darurat atau sudden plan. Misalnya, tiba tiba anak  jatuh sakit pada saat pertengahan bulan dimana hari gajian masih lama. Tentunya kita akan membutuhkan bujet ekstra untuk membeli obat dan lain sebagainya. Tapi, karena kita sudah mempersiapkan itu sebelumnya, kita tidak perlu khawatir. Dengan memiliki  tabungan finansial untuk hal-hal yang tidak terduga tersebut, kita tidak akan mengganggu keuangan rumah tangga atau pos lain yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah sebisa mungkin kita harus bisa menekan keinginan untuk belanja,  apalagi untuk para calon Moms yang sering lapar mata kalau melihat sale sale bertebaran dimana-mana. Sebisa mungkin Moms harus bisa menahan diri untuk tidak mengeluarkan dana untuk sesuatu yang hanya sekadar keinginan saja bukan kebutuhan. Mulailah untuk bersikap dan berlaku bijak untuk menentukan mana keinginan dan mana kebutuhan. Semua itu memang terasa berat, tapi asalkan kita bisa mendisiplinkan diri,  semua akan terasa mudah saat menjalaninya. 

So, untuk para calon orangtua di luar sana,  berlaku bijaklah sejak dini untuk kebahagiaan anak kita kelak. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat dan menginspirasi.