Moms, kita semua tentu tahu pentingnya mencuci tangan. Seringkali kita tidak sadar atau meremehkan pentingnya mencuci tangan. 

Penelitian menyebutkan bahwa setiap hari rata-rata kita akan terpapar dengan ribuan virus, bakteri, dan kuman, baik itu dari polusi udara, dari memegang benda yang tidak higienis, hingga transmisi melalui media lain.

Nah, mencuci tangan itu adalah kegiatan sederhana tapi sangatlah penting untuk kita lakukan. Apalagi setelah beberapa waktu terakhir kita dihebohkan dengan kasus infeksi coronavirus. Dan hari ini Bapak Presiden Jokowi juga mengumumkan bahwa ada 2 warganegara Indonesia yang positif terkena infeksi coronavirus.

Yang bisa kita lakukan (juga kepada keluarga dan anak kita) adalah kebiasaan mencuci tangan dengan benar. Kebanyakan kita sering meremehkan cuci tangan, asal-asalan saja mencuci tangan. Padahal cuci tangan jika dilakukan dengan benar, minimal membutuhkan waktu 15-20 detik, mulai dari membilas dengan air mengalir, memakai sabun, hingga selesai.

Infografis di bawah ini menunjukkan langkah-langkah cuci tangan yang benar yang perlu kita lakukan setiap kali kita mencuci tangan.

Screen Shot 2020-03-02 at 12.46.23

Yuk mulai terapkan cara mencuci tangan dengan benar, dimulai dari diri kita sendiri Moms, lalu ajarkan kepada anak dan keluarga kita. Dengan menjaga daya tahan tubuh kita setiap hari, dan sering mencuci tangan (dengan langkah-langkah yang sudah diajarkan di atas), semoga kita semua selalu terlindung dari bahaya infeksi virus ataupun infeksi kuman dan bakteri.