Sebelum punya mesin cuci sendiri, saya tidak pernah berpikir bahwa kita perlu membersihkan mesin cuci, karena saya pikir,  toh tiap hari terkena detergen? Ternyata saya salah besar Moms, residu dari kotoran pakaian dan detergen justru menumpuk di dalam mesin cuci dari waktu ke waktu. Makanya, membersihkan mesin cuci harus dilakukan secara rutin supaya mesin cuci tetap awet dan hasil cuciannya tetap higienis. 

Nah, bagaimana caranya membersihkan mesin cuci? Ayo disimak langkah-langkahnya berikut ini.

Bersihkan bagian luar 

Copot aliran listrik mesin cuci terlebih dahulu. Lap bagian luarnya dengan lap microfiber dan cairan pembersih. Sedot debu yang menumpuk di bagian belakang mesin jika Moms sanggup menggeser mesinnya. Periksa juga selang pasokan air yang terhubung ke mesin cuci apakah ada yang bocor.

Membersihkan bagian dalam

Untuk membersihkan bagian dalam, Moms bisa menggunakan larutan cuka. Gunakan sikat gigi dan lap yang dibasahi larutan cuka untuk menyikat bagian dalam, seperti tempat detergen dan sela-sela. Beberapa mesin cuci memiliki baki khusus untuk menampung kotoran seperti benang dan rambut, jangan lupa kosongkan dan bersihkan juga dengan larutan cuka. 

Membersihkan tabung mesin cuci 

Untuk membersihkan tabung mesin cuci, Moms bisa campurkan seliter cuka dan satu cangkir baking soda ke dalam mesin cuci. Gosok bagian dalam tabung dengan sikat nilon lalu hidupkan mesin cuci dengan moda cuci terberat dan suhu terpanasnya. Tidak perlu menambahkan detergen di fase ini ya, Moms. Namun, kalau Moms ingin menghilangkan aroma cukanya, setelah selesai Moms bisa mencuci ulang menggunakan detergen yang biasa Moms pakai. 

Tidak sulit kan Moms ternyata membersihkan mesin cuci? Yang penting dilakukan rutin, supaya mesin cuci Moms bisa tahan lama dan tidak malah membuat pakaian menjadi kumal. Kalau Moms tidak sempat melakukan sendiri, sekarang juga sudah banyak jasa pencucian mesin cuci yang bisa dipanggil ke rumah. O ya, sedikit tambahan Moms, supaya residu detergen tidak menumpuk di mesin cuci, biasakan menggunakan detergen yang sesuai dengan tipe mesin yang Moms punya, dan gunakan sesuai takaran yang dianjurkan, ya!