Merawat tanaman hias dalam rumah memang bisa jadi sebuah pekerjaan yang cukup ribet dan menyita waktu jika tidak mengetahui caranya dengan baik. Padahal sebetulnya merawat tanaman hias ini cukup mudah dan tidak menyita banyak waktu, kok. Tanaman hias bisa tetap segar, lebih sehat dan tentunya tetap bermanfaat. 

Berikut ini beberapa cara merawat tanaman hias dalam ruang dan efektif yang mudah diikuti. 

Kenali karakteristik tanaman hias 

Setiap jenis tanaman hias memiliki karakteristik khas yang berbeda satu dengan lainnya. Moms perlu mengetahui varietas, jenis, rekomendasi suhu, kelembapan, cahaya, air dan juga metode perawatannya. 

Beri pencahayaan yang baik 

Cahaya matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk melakukan proses fotosintesis. Tapi jangan pernah menyimpan tanaman hias di tempat yang terpapar cahaya matahari langsung karena justru akan membahayakan tanaman. 

Siapkan kebutuhan air

Selain cahaya, tumbuh kembang tanaman hias juga bergantung pada persediaan air. Pastikan Moms  tidak menyirami tanaman  terlalu sering atau menyiram dengan terlalu banyak air dan pastikan kebutuhan air tanaman sesuai dengan karakteristik tanamannya. Agar kualitas tanaman lebih baik, selalu sirami hanya dengan air bersuhu hangat kuku dan hindari penggunaan air dingin atau air keran.

Dengan pemberian tanah yang tepat

Selalu perhatikan kebutuhan tanah bagi setiap jenis tanaman, apakah tanah yang diperlukan adalah tanah regosol, humus atau mungkin tanah gambut. Kebanyakan tanaman hias adalah tanaman dari lingkungan tropis, sehingga membutuhkan jenis tanah khusus yang mengandung kadar organik dan anorganik tertentu. 

Beri pupuk sesuai kebutuhan 

Seperti manusia, tanaman juga membutuhkan nutrisi tambahan untuk bertahan hidup dan berkembang. Nutrisi bagi tanaman bisa didapatkan dari pupuk, baik itu pupuk organik atau pun pupuk anorganik.

Pangkas secara berkala 

Beberapa jenis tanaman hias memerlukan pemangkasan tangkai-tangkai daunnya secara berkala. Ini dilakukan agar Moms bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk yang mungkin menyerang tanaman. 

Ganti pot secara berkala 

Semakin lama tanaman akan tumbuh dan semakin besar. Karena itu Moms harus mengganti tanaman di dalam pot. Taruh tanaman di dalam pot yang lebih besar agar akar tanaman punya cukup ruang untuk tumbuh dan berkembang kembali. Nah, jika Moms tidak punya banyak waktu untuk merawat tanaman hias,  ada baiknya Moms membeli tanaman hias yang daya tahan hidupnya kuat serta tidak memerlukan banyak perawatan, seperti pohon lidah mertua, pohon  laba-laba, pohon philodendron, lidah buaya, pohon Zz,  sri rezeki dan pohon sirih gading.  Selamat berkebun.

Baca Juga: Aneka Tanaman Hias untuk Pemula