Oven adalah sebuah alat yang mempunyai ruang dan bisa digunakan untuk memanggang, memasak, memanaskan, atau pun mengeringkan sesuatu terutama makanan. Jenis makanan yang bisa kita masak dengan oven sangat banyak, seperti daging, kue, roti atau pun bahan olahan yang lain. 

Penggunaan oven sangat mudah. Saat ini tersedia berbagai jenis oven di pasaran, dari jenis yang sederhana seperti oven tangkring sampai oven yang mempunyai banyak fungsi pemanasan. 

Selain penggunaan yang harus benar, hal penting lainnya adalah masalah perawatan. Cara membersihkan oven yang paling mudah adalah dengan produk pembersih kimia. Akan tetapi menggunakan pembersih kimia kerap kali membuat lempengan besi pada oven mudah berkarat serta akan meninggalkan aroma tak sedap. Sebaiknya pakailah bahan pembersih alami karena lebih aman, lebih ampuh dan juga memberikan aroma harum. Salah satu pembersih alami adalah  baking soda yang dikenal juga sebagai bahan untuk membuat kue. 

Berikut ini cara membersihkan oven menggunakan baking soda : 

Hal yang perlu diperhatikan ketika  membersihkan oven menggunakan baking soda adalah pastikan  oven dalam kondisi dingin. Apabila oven yang dibersihkan dalam kondisi panas,  hal tersebut dapat melukai Anda serta baking soda dapat menyebar ke mana-mana. 

Hindari pula untuk tidak menyemprotkan baking soda pada permukaan pintu, sebab dapat menyebabkan baking soda terperangkap di panel kaca serta berbahaya ketika oven dipanaskan.