Layaknya banjir, darah haid mengalir dengan deras saat menstruasi datang.  Apakah Moms termasuk salah seorang penderitanya? Pastinya perdarahan menstruasi cukup menganggu rutinitas harian Moms. Setiap satu atau dua jam, Moms harus mengganti pembalut atau tampon. Telat sedikit, darah menstruasi akan membasahi pakaian, atau bahkan bisa merembes keluar. 

Bukan hanya menjadi gangguan, menstruasi yang deras ini pun bisa jadi membahayakan kesehatan. Moms bisa menderita anemia, yaitu jumlah sel darah merah tubuh Moms menjadi sangat rendah. Anemia ini akan mengakibatkan Moms merasa lesu,  pusing, hingga merasa sesak napas.

Perdarahan yang banyak terjadi saat menstruasi ini bisa pula menjadi penanda penyakit atau gangguan tertentu di dalam tubuh Moms. Termukan penyebab terjadinya menstruasi berlebihan ini agar Moms bisa mendapatkan pengobatan yang tepat untuk ‘menyurutkannya’. Berikut beberapa kemungkinan penyebab menstruasi yang membanjir: 

Akibat adanya endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan endometrium atau lapisan rahim tumbuh di luar rahim. Jaringan ini menempel pada organ dan struktur reproduksi lain, seperti ovarium dan saluran tuba. Endometriosis selain menyebabkan pendarahan hebat, juga dapat menyebabkan kemandulan, nyeri saat berhubungan intim, dan nyeri di bagian perut atau punggung bawah. Endometriosis termasuk kasus sering terjadi pada kebanyakan perempuan, dan biasanya menyerang perempuan berusia antara 25 tahun  hingga 40 tahun.

Karena pemasangan IUD

Intrauterine Device (IUD) atau lebih dikenal sebagai KB spiral adalah alat kecil berbentuk T yang dimasukkan ke dalam rahim untuk mencegah kehamilan. Beberapa IUD memiliki hormon, dan beberapa tidak. IUD non-hormonal terkadang dapat menyebabkan menstruasi yang lebih berat, kram atau terasa kejang di perut, perdarahan yang lebih lama atau tidak teratur, dan nyeri saat berhubungan suami istri. Jika Moms mengalami semua hal tersebut akibat pemasangan  IUD, bicarakan dengan dokter kanduangan atau bidan, sehingga  mereka bisa memberikan pilihan lain untuk program KB.

Timbul fibroid uterus 

Fibroid uterus atau fibroid rahim adalah pertumbuhan tumor jinak  (non-kanker) di jaringan otot rahim. Fibroid uterus dapat tumbuh di area dalam atau di luar rahim. Selain perdarahan menstruasi yang hebat, fibroid rahim dapat menyebabkan kram, nyeri punggung bagian bawah, kesulitan buang air kecil, dan sembelit. Fibroid uterus ini lebih sering terjadi pada perempuan berusia 30-an.

Tumbuh polip rahim

Polip rahim adalah pertumbuhan jaring tidak normal lapisan dinding rahim atau  endometrium. Bentuk jaringan seringnya berbentuk seperti bola dengan ukuran bervariasi. Umumnya polip bersifat jinak, tetapi ada pula yang mengandung sel kanker atau prakanker. Gejala polip rahim lainnya adalah perdarahan atau keluar bercak darah di luar dari jadwal haid dan haid tidak teratur. Polip sering diderita perempuan yang sudah mendekati usia menopause.

Terjadi Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan lapisan rahim membesar dan menjadi terlalu tebal. Hal inilah yang  dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang banyak. Ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan perdarahan hebat ini lebih sering terjadi saat anak perempuan mulai menstruasi, dan saat perempuan mendekati menopause.

Akibat keguguran kehamilan ektopik

Jika Moms mengalami menstruasi yang sangat terlambat dan disertai perdarahan menstruasi yang banyak, itu bisa menjadi tanda keguguran akibat kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tertanam di luar rahim. Paling sering tertanam di area tuba falofi. Keguguran karena Kehamilan ektopik  dapat perdarahan yang parah, serta menyebabkan kram dan nyeri hebat di perut bagian bawah.

Adanya gangguan pendarahan

Perdarahan hebat yang menjadi menyebabkan menstruasi parah ini akibat terjadinya  gangguan pembekuan darah. Gangguan perdarahan yang menyebabkan menstruasi berat, seperti  penyakit von Willebrand, hemofilia, dan leukemia. Penderita penyakit ini juga mengalami mudah memar, sering mimisan dan perdarahan yang sulit dihentikan saat  mendapat  cidera, atau sewaktu menghadapi tindakan medis pembedahan atau persalinan.

Timbul adenomiosis

Adenomiosis adalah suatu kondisi endometrium (lapisan dinding rahim) bertumbuh menjadi jaringan otot rahim. Selain pendarahan hebat, gejala lainnya antara lain:  timbul  kram dan nyeri saat berhubungan seks. Adenomiosis lebih sering terjadi pada perempuan di usia subur nanti yang pernah hamil di masa lalu. 

Adanya kanker di area reproduksi

Kanker ini terjadi di bagian reproduksi, termasuk kanker di area rahim,  leher rahim, endometrium, atau  vagina. Untungnya, kejadian kanker sebagai penyebab perdarahan hebat sewaktu mensteruas cukup jarang terjadi. Selain perdarahan hebat,  bila telah timbul kanker juga akan mengakibatkan tekanan di daerah perut, perut membesar, rasa kembung, nyeri di area  perut atau punggung.

Akibat konsumsi obat-obatan tertentu

Kadang-kadang, obat-obatan tertentu, terutama dari golongan antikoagulan yang mengencerkan darah, seperti warfarin (Coumadin) dan heparin, dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang banyak. 

Aspirin juga bisa menyebabkan pendarahan hebat. Karena itu, untuk meredakan nyeri saat menstruasi, pilih pereda nyeri non-aspirin yang dijual bebas.