Garam adalah salah satu bumbu yang tidak pernah absen ada di dapur.  Menambahkan garam ke dalam masakan dapat membuat makanan menjadi gurih, meningkatkan tekstur, hingga membuat makanan lebih tahan lama.

 

Ternyata tidak hanya itu manfaatnya, garam juga dapat digunakan untuk bersih-bersih. Nah, untuk menyambut hari raya yang sebentar lagi, Moms bisa nih mulai bersih-bersih rumah dibantu dengan garam. Berikut ini fungsi garam sebagai pembersih rumah tangga:

 

Membersihkan wastafel cuci piring

Wastafel cuci piring lama-lama jika terus digunakan akan muncul kotoran lemak membandel. Moms dapat menggunakan garam untuk membersihkannya. Caranya, tuangkan campuran garam dan air panas ke wastafel dapur untuk menghilangkan bau dan penumpukan lemak.

 

Noda pada cangkir kopi

Di dalam cangkir kopi favorit Moms ada noda berbentuk cincin? Bersihkan kembali seperti baru beli hanya menggunakan garam dapur. Caranya, campurkan garam dan sabun cuci piring, lalu gosok cangkir menggunakan lap yang telah dicelupkan ke dalam campuran tersebut. Kristal-kristal kecil garam cukup tajam untuk menggosok noda.

 

Saluran wastafel yang mampet

Busa sabun, rambut, dan residu dari kosmetik dan lotion dapat menyumbat saluran wastafel. Untuk membersihkannya, campur larutan satu cangkir garam, setengah cangkir cuka dan satu cangkir soda kue, lalu tuangkan ke saluran pembuangan. Biarkan selama 15 menit, lalu siram menggunakan air mendidih. Jika masih mampet, ulangi lagi ya, Moms.

 

Kulkas

Membersihkan kulkas akan lebih efisien menggunakan garam. Setelah dikosongkan, bersihkan kulkas menggunakan campuran segenggam garam dan 3,5 liter air hangat. Gosok bagian dalam kulkas menggunakan spons yang telah dicelupkan ke dalam campuran tersebut. Tak perlu khawatir menggores lapisan kulkas karena air garam tidak bersifat keras, Moms. 

 

Talenan kayu

Sebagai salah satu alat dapur yang sering digunakan, talenan kayu tidak cukup bersih jika hanya dicuci dengan sabun cuci piring. Hilangkan noda sisa di talenan dengan cara menaburkan garam di talenan, lalu gosok dengan setengah potongan lemon, peras. Diamkan selama lima menit. Setelah itu, bilas dan keringkan. Talenan Moms akan tampak lebih segar dan bersih

 

Wajan berminyak

Sisa-sisa menggoreng yang tertinggal di wajan akan sulit dibersihkan karena sifatnya yang berminyak. Sebelum dicuci, taburkan garam agak banyak di atas wajan. Diamkan selama lima menit, lalu bersihkan dengan sabun dan air. Garam mampu menyerap minyak dan membuat wajan lebih mudah dibersihkan.

 

Mengikis karat

Peralatan dari besi lama-lama akan berkarat. Moms dapat mengikisnya dengan menggosok area yang berkarat menggunakan kain yang dicelupkan ke dalam larutan jeruk nipis dan sejumput garam.

 

Panci gosong

Bagian bawah wajan yang gosong hingga berkerak memang sulit dibersihkan. Solusinya, bersihkan dengan garam. Tuangkan larutan garam dan air panas ke dalam wajan, biarkan meresap semalam. Keesokan harinya, letakkan wajan di atas kompor dan rebus air asin tersebut, maka noda akan terangkat.

 

Setrika

Tidak sengaja salah menyetrika kain hingga meninggalkan noda di pelat logam setrika? Garam akan menyelesaikannya. Letakkan selembar kertas di atas papan setrika, lalu taburi garam. Jalankan setrik maju-mundur di atas garam hingga bersih.

 

Noda makanan di baju

Daripada mengucek hingga pegal, langsung taburkan garam di atas noda baju ketika terkena cipratan atau tumpahan. Garam dapat menyerap minyak dan mencegah noda merembes. Setelah itu, baru cuci baju seperti biasa.