Membahas tentang dampak pandemi Covid-19 seakan tidak akan pernah ada habisnya. Hampir satu bulan pandemi ini memengaruhi hidup kita. Kebiasaan-kebiasaan yang sebelum pandemi ini kerap dilakukan, seperti bersepeda di CFD setiap akhir pekan, bermain basket bersama si sulung, atau sekadar mencoba kuliner baru rekomendasi netizen, kini ditinggalkan untuk menghindari penularan. Pasalnya, Covid-19 masih mengancam di luar sana. Bahkan, jika sebelumnya hanya berupa himbauan,  saat ini pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang artinya kegiatan di luar rumah akan semakin dibatasi, diawasi dan bila perlu dikenakan sanksi jika melanggar.  

Jika Moms merasa suntuk dan bosan karena selalu di rumah selama masa pandemi ini, cobalah melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk kesehatan mental. Menurut psikolog klinis Dr. Jeff Gardere, hobi dan self-care sangat krusial selama pandemi Covid-19. Hobi memberikan kenyamanan, stabilitas, keamanan, hingga kebahagiaan bagi penggiatnya.

Nah, Moms bisa mengeksplorasi hobi lain sebagai pengganti aktivitas favorit Moms di luar rumah, seperti yang dilakukan Aliza Sherman, seorang penulis dan pengusaha di Amerika Serikat. Melalui akun media sosialnya, Aliza membagikan kegiatannya selama karantina di rumah. Ia menemukan kembali hobi lamanya, menggambar. “Aktivitas masa kecil ini sangat terapeutik,” katanya.

Selain menggambar, ada banyak hobi yang bisa dicoba  tanpa harus meninggalkan rumah lho, Moms.

 

Memasak

 

Secara umum, hobi memasak ini bisa Moms perdalam dengan mencoba resep baru atau membuat kue favorit keluarga. Kegiatan ini juga bisa membuat Moms produktif dan kreatif, menurut psikolog klinis Dr. Jo Ann Unger, kedua hal tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Memasak juga dapat mendekatkan anggota keluarga, Moms. Masakan merupakan salah satu bentuk cinta dan kepedulian terhadap keluarga, sehingga suasana rumah semakin hangat.

 

Menulis jurnal, blog, atau novel

 

Claudia W. Allen, Direktur Family Stress Clinic dan Direktur Ilmu Perilaku di Departemen Kedokteran Keluarga di Sekolah Kedokteran UVA, dalam salah satu artikelnya, menulis bahwa menulis jurnal dapat mengurangi stres, membuat Anda terbuka terhadap hal-hal positif dan menarik dari pengalaman yang sangat tidak biasa ini. Jurnal bisa Anda tulis untuk pribadi, bisa pula dibagikan di blog. Menulis juga membuka peluang untuk menambah pemasukan, Moms, sebagai penulis lepas.

 

Menonton film yang sudah lama tertunda

 

Moms, punya list film yang belum sempat ditonton? Atau “My List” di aplikasi streaming sudah menumpuk? Ini saatnya menghabiskan tontonan tersebut bersama keluarga dan menjadikannya quality time. Jangan lupa siapkan camilan ya.

 

Belajar bahasa asing bersama anak

 

Banyaknya fasilitas belajar online juga perlu dimanfaatkan, Moms. Temani anak upgrade skill bahasa asing selama masa karantina. Tidak ada ruginya, kok. Siapa tahu malah bisa menonton drama Korea tanpa subtitle. 

 

Puzzle

 

Menyelesaikan puzzle selain sebagai hiburan, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan pikiran dan mental. Puzzle membuat pikiran terlibat dalam situasi yang membutuhkan banyak pemikiran, konsentrasi, dan kesabaran. Menjaga pikiran untuk aktif dapat mengurangi stres dan lelah.