Libur telah tiba, libur telah tiba. Hore hore hore! Pasti sebagian besar Moms di sini pernah dengar lirik dari lagu yang dulunya pernah dipopulerkan oleh artis cilik Tasya Kamila. Penghujung tahun telah di depan mata. Sekolah-sekolah sudah mulai membagikan rapor hasil belajar putra/putri Moms selama satu semester. Setelahnya anak-anak sudah mulai bebas dari kegiatan dan tugas selama sekolah. 

Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup berat. Adanya virus COVID-19 yang menyerang dunia, membuat seluruh dunia mencari cara agar virus ini tidak menyebar, bahkan musnah. Beberapa daerah melakukan karantina. Kepala daerah menghimbau warganya untuk tetap di rumah saja selama pandemi. Orangtua yang bekerja kebanyakan disarankan untuk bekerja dari rumah. Begitu pun sekolah juga tetap dilakukan dengan melalui daring. 

Libur sekolah yang bersamaan dengan libur akhir tahun biasanya menjadi momen yang sangat dinanti oleh anak-anak. Kondisi pandemi memaksa kita untuk harus tetap di rumah saja. Liburan keluar rumah dan bertemu banyak orang di masa pandemi ini sangat berisiko terjadi penularan. Moms bisa bekerjasama dengan suami atau juga bisa mengajak putra dan putri untuk menyusun jadwal liburan yang seru meski di rumah aja. 

Berikut rekomendasi kegiatan yang bisa di lakukan di rumah: 

Olahraga pagi atau sore hari 

Moms bisa ajak keluarga untuk melakukan olahraga sederhana di halaman rumah. Jika  masih punya putra atau putri berusia anak-anak atau toddler, Moms bisa mencari referensi senam yang menyenangkan bagi mereka. Menggunakan lagu anak kesukaan putra/putri diikuti gerakan sederhana yang Moms bisa ciptakan sendiri.

Permainan tradisional 

Era saat ini anak-anak lebih mengenal permainan gawai dibandingkan dengan permainan di luar rumah. Mengajak anak untuk bermain permainan tradisional dapat memberikan pengalaman yang baru dan seru untuk mereka. Alat yang digunakan bisa didapat Moms dengan mencari di toko online atau bisa di toko mainan yang ada di pasar tradisional. Ide permainan tradisional seperti bola bekel, congklak, petak umpet, lompat tali dan permainan lainnya yang Moms dulu pernah lakukan semasa kecil. 

Memasak 

Sebagian anak-anak sering tertarik pada kegiatan masak yang Moms lakukan di dapur. Membuat kue dapat menjadi alternatif kegiatan liburan yang menyenangkan di rumah. Anak diajak untuk membuat kue kering dan menghias kue yang sudah jadi. Selain kue kering, Moms bisa ajak putra/putri untuk membuat cupcake sederhana dengan hiasan sesuka hati. Pengalaman menghias kue bisa menjadikan anak-anak menyalurkan imajinasi mereka kepada objek yang berbeda. Semoga liburan Moms dan keluarga tahun ini menyenangkan meski dirumah saja dan dikala pandemi.