Jika Moms menggunakan mesin cuci di rumah, seringkali baju kotor langsung dimasukkan ke dalamnya. Dibiarkan berhari-hari sampai tiba saatnya hari mencuci. Moms bisa bayangkan bakteri yang menempel di baju, berkumpul di dalam mesin cuci. Ada baju penuh keringat, noda tanah sehabis main di luar, tumpahan susu, atau juga yang lainnya. 

Baju-baju yang kotor ini jika dibiarkan di dalam mesin cuci dalam waktu lama akan menyebabkan tabung mesin menjadi bau. Tentu saja ini juga berdampak pada kualitas mencuci baju Moms di rumah. Moms tentu sering mengalami, sehabis mencuci baju baru, tapi semua pakaian masih tercium bau tak sedap. Padahal sudah pakai pengharum pakaian, tapi kok, Moms malah mencium aroma tak keruan antara bau apek dan aroma harum. Apalagi kalau musim penghujan, jemuran jadi jarang mendapatkan panas langsung dari matahari. Hasilnya, semua pakaian jadi tidak kering sempurna dan berakhir bau apek. 

Sebenarnya kita bisa mencegah agar baju-baju tidak berakhir dengan bau apek, yakni saat proses mencuci, menjemur dan menyimpannya di dalam lemari. Ketiga hal inilah yang harus Moms perhatikan. 

Jangan Simpan Baju Kotor Ke Dalam Mesin Cuci 

Sebelum mencuci, pisahkan pakaian kotor di dalam tempat khusus,  jangan simpan di dalam mesin cuci. Karena jika menyimpan pakaian kotor di dalam mesin cuci dalam waktu yang lama akan menciptakan tempat yang hangat dan lembap. Jamur akan tumbuh subur di tempat seperti itu, makanya kebersihan mesin cuci sangat penting dijaga. Moms bisa bayangkan berapa banyak jamur yang menempel di mesin cuci, terlebih lagi jika sampai ikut tumbuh di pakaian kita. Meskipun tak semua orang peka dan menyadari jamur di pakaian, apalagi di mesin cuci, namun berdasarkan artikel Basic Facts about Mold and Dampness di laman resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC), jamur dapat menyebabkan seperti hidung tersumbat, dan mata merah atau gatal, atau kulit. Beberapa orang, seperti mereka yang alergi terhadap jamur atau dengan asma, mungkin memiliki reaksi yang lebih intens. 

Jemur Sampai Benar-Benar Kering 

Tahap selanjutnya yang perlu juga diperhatikan adalah saat proses jemur pakaian. Meskipun mencuci dengan mesin dan pakaian sudah setengah kering, tapi tetap saja harus kering sempurna. Karena pakaian yang masih meninggalkan air walaupun sedikit atau jika diraba hanya terasa agak lembap sedikit, jangan dibiarkan untuk langsung disetrika apalagi dilipat dan disimpan ke dalam lemari. Hal itu hanya akan membuat rumah yang nyaman bagi jamur, Moms. Jadi, jemur pakaian meskipun cuaca mendung atau tak ada panas matahari di hari itu. Dengan menjemur pakaian dan membentangkannya di atas jemuran, setidaknya angin akan membantu dalam proses pengeringan pakaian. 

Bersihkan Lemari 

Seberapa sering Moms merapikan lemari pakaian? Apakah Moms pernah memeriksa bagian dalamnya? Tempat penyimpanan pakaian tak boleh dianggap sepele. Apalagi jika rumah Moms termasuk yang lembap, sehingga sangat mudah menemukan titik atau wilayah yang ditumbuhi jamur. Mungkin salah satunya lemari Moms di rumah. Jamur bisa masuk dari mana saja terbawa oleh angin. Karena itu, sangat penting untuk membuat lemari tetap kering dan memiliki sirkulasi udara yang bagus.