Di tengah situasi ketidakpastian seperti sekarang, banyak kejadian tak terduga terjadi pada keluarga dan hampir semua orang. Tubuh pun mencoba adaptasi kembali dengan rutinitas yang berubah, termasuk kesadaran bawah sadar. Menurut Timothy Wilson dalam Strangers to Ourselves: Discovering the Adaptive Unconsious, pikiran bawah sadar terdiri dari proses mental yang tidak dapat diakses oleh kesadaran, tetapi dapat memengaruhi penilaian, perasaan, atau perilaku. Peneliti juga membuktikan bahwa orang yang bermeditasi akan lebih sadar terhadap aktivitas otak bawah sadar dan lebih mampu mengontrol dirinya.

 

Beberapa orang mencoba meditasi untuk tetap waras di masa-masa ini. Meditasi adalah proses melatih dan mengarahkan pikiran untuk fokus. Fungsinya untuk meningkatkan kesadaran akan diri sendiri dan lingkungan sekitar, mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, membuat mood positif, disiplin, membantu pola tidur menjadi sehat, dan meningkatkan toleransi atas rasa sakit.

 

Mengurangi stres

Stres fisik dan mental disebabkan oleh naiknya hormon stres, yaitu kortisol. Efeknya dapat mengganggu kualitas tidur, depresi dan gelisah, menaikkan tekanan darah,  lelah, dan memperkeruh pikiran. Banyak jenis meditasi dapat membantu Moms mengurangi stres, terutama di situasi saat ini.

 

Meningkatkan kesehatan emosional

Beberapa bentuk meditasi dapat membantu memperbaiki imej diri dan membuat pandangan positif terhadap hidup. Ketika stres, otak merespons dengan melepaskan bahan kimia yang disebut sitokin.  Zat ini dapat memengaruhi suasana hati. Meditasi dapat mengurangi sitokin di otak sehingga perasaan dan pikiran menjadi positif dan optimis. 

 

Memperpanjang rentang konsentrasi

Masalah susah fokus dan konsentrasi dapat dicari jalan keluarnya melalui meditasi. Terutama ketika bekerja dari rumah yang membuat konsentrasi terpecah dan produktivitas menurun. Penelitian menunjukkan, pekerja yang rutin meditasi lebih lama fokus pada pekerjaan. Selain itu, meditasi dapat membalikkan pola di otak yang berkontribusi pada pikiran yang berkeliaran, cemas, dan tingkat fokus yang rendah.

 

Mengurangi kemungkinan pikun

Meningkatnya fokus, perhatian, dan kejernihan berpikir dapat membantu pikiran tetap segar dan ‘muda’. Salah satu metode meditasi, kirtan kriya, menggabungkan nyanyian dengan gerakan jari yang berulang untuk memfokuskan pikiran. Ini dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan mengurangi risiko pikun karena usia. Selain itu, meditasi juga dapat meningkatkan memori pasien demensia.

 

Meningkatkan kualitas tidur

Bagi Moms yang mengalami insomnia, meditasi dapat menjadi solusi. Teknik-teknik meditasi dapat membantu untuk relaks dan mengontrol pikiran-pikiran yang melanglang buana dan membuat susah tidur.