Masker spirulina kini semakin jadi tren di kalangan penggemar skincare, Moms. Spirulina adalah sejenis ganggang yang kaya nutrisi dan antioksidan. Warnanya biru kehijauan dan berbau cukup amis. Selain sebagai digunakan sebagai perawatan kulit, spirulina juga dibuat produk suplemen yang dapat mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan energi, dan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Kulit Kering Saat Hamil? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Secara umum, spirulina memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Satu sendok makan (7 gram) bubuk spirulina kering setidaknya mengandung 4 gram protein, vitamin B1 (tiamin) 11% dari angka kecukupan gizi (AKG), vitamin B2 (riboflavin) 15% dari AKG, vitamin B3 (niasin) 4% dari AKG, tembaga 21% dari AKG, zat besi 11% dari AKG, magnesium, kalium, dan mangan. 

Kandungan inilah yang membuat spirulina memiliki sederet manfaat, misalnya antioksidan dan anti-inflamasi, dan menurunkan kadar LDL dan trigliserida yang jahat.

Antioksidan dan anti-inflamasi melindungi tubuh dari dampak kerusakan oksidatif yang dapat merusak DNA dan sel tubuh. Kerusakan ini dapat memicu peradangan kronis, seperti kanker dan penyakit lainnya. Komponen aktif utamanya disebut phycocyanin. Zat antioksidan ini jugalah yang memberi warna biru-hijau pada spirulina.

Baca Juga: Awas Bahaya Cahaya Biru dari Gadget Bagi Kulit!

Phycocyanin dapat melawan radikal bebas dan menghambat produksi molekul pemberi sinyal inflamasi dalam tubuh.

Spirulina juga menurunkan kolesterol total, LDL dan trigliserida jahat, sekaligus meningkatkan kolesterol HDL yang baik. Sebagaimana Moms ketahui, kolesterol berkontribusi pada penyakit jantung yang merupakan penyebab kematian terbesar di dunia.

Sementara pada kulit, Moms bisa menggunakan spirulina untuk merawat berbagai kondisi kulit. Masker wajah spirulina dapat memperbaiki kondisi umum kulit dan membuat kulit bercahaya secara alami.

Berikut manfaat masker spirulina bagi kulit wajah:

  1. Masker wajah spirulina bisa melindungi kulit wajah dari dampak radikal bebas. Selain melindungi kerusakan sel akibat radikal bebas, antioksidan dalam spirulina juga menjaga kulit Moms tetap sehat dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.
  2. Spirulina yang kaya zat besi, vitamin, protein, serta klorofil, yang dapat membantu mengurangi bintik hitam dan perubahan warna pada kulit.
  3. Masker wajah spirulina dapat mendetoksifikasi kulit sehingga terlihat sehat dan awet muda.
  4. Spirulina yang memiliki sifat anti-inflamasi dapat meredakan peradangan dan membantu mengatasi jerawat pada kulit.
  5. Sifat antibakteri pada spirulina dapat membantu merawat kulit yang rentan berjerawat. Masker spirulina dapat menghilangkan jerawat, serta mencegah berkembangnya jerawat yang baru.
  6. Spirulina membantu mempercepat proses pembaruan sel pada kulit.
  7. Spirulina membersihkan, mencerahkan kulit, melembapkan kulit, sehingga kulit menjadi lebih glowing. 

Masker wajah spirulina bisa bermanfaat untuk semua jenis kulit, tergantung bagaimana campuran bahan-bahan lainnya, Moms.

Baca Juga: Tip Merawat Kulit Leher Agar Tak Cepat Kendur