Saat Moms gadis, mungkin ‘me time’  adalah hal yang biasa Moms lakukan, entah itu membaca buku, menonton film, pergi liburan, dan banyak hal lainnya. Namun, setelah berkeluarga, momen ‘me time’ itu semakin berkurang. Terlebih lagi jika sudah memiliki anak usia batita, wah, mungkin Moms sudah lupa apa itu ‘me time’. 

Pada dasarnya, anak usia batita masih sangat tergantung dengan orangtua, khususnya dengan Moms. Para Moms banyak yang mengeluhkan sulitnya mengatur waktu dan kondisi untuk sekadar rehat sejenak dari berbagai rutinitas. Nah, artikel ini cocok bagi Moms yang ingin mengetahui kiat agar bisa ‘me time’ dengan tenang walaupun memiliki batita. 

Tidak butuh waktu lama

 Tahukah Moms, ternyata kita hanya membutuhkan waktu 15-20 menit saja lho,  untuk ‘me time’ agar terhindar dari stres. Namun, sebaiknya Moms berikan pengertian terlebih dahulu kepada si Kecil tentang aktivitas yang akan Moms lakukan, dan pastikan si Kecil tetap berada dalam pengawasan orang dewasa ya, Moms. 

Lakukan di rumah saja 

Untuk menghemat waktu, sebaiknya Moms lakukan kegiatan ‘me time’ di rumah saja. Mungkin Moms merindukan mandi dengan durasi yang lama, atau membuat kue kesukaan, bisa juga streaming film, dan banyak aktivitas lainnya yang bisa Moms lakukan di rumah. 

Pilih waktu yang tepat 

Agar me time menjadi lebih efektif dan terbebas dari distraksi, sebaiknya Moms pilih waktu yang tepat. Moms bisa pilih waktu di pagi hari sebelum semua anggota keluarga bangun.  Sisihkan waktu untuk berolahraga ringan, minum teh hangat sambil membaca buku agar Moms siap menghadapi hari dengan baik. Atau bisa juga saat malam hari ketika semua anggota keluarga terlelap. Moms mungkin ingin menulis jurnal, mendengarkan musik, atau mandi air hangat agar badan dan pikiran rileks. 

Minta bantuan jika perlu 

Mungkin Moms merasa sangat kelelahan dalam mengurus rumah tangga sehingga sama sekali tidak bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri. Jika ini yang Moms alami,  sebaiknya Moms segera meminta bantuan. Bisa kepada suami, orangtua/mertua, atau pun asisten. ‘Me time’ bukan sekadar waktu Moms untuk bermalas-malasan, tetapi untuk recharge energi agar Moms bisa kembali melakukan aktivitas dengan pikiran yang jernih dan tentunya mood yang baik untuk terus menemani si kecil. Tetap semangat ya, Moms.