Memasuki usia 1 tahun, si Kecil biasanya akan mengalami perkembangan motorik yang pesat. Kemampuan menggerakkan badan dan berpindah tempat, akan semakin dikuasai anak, membuat mereka semakin tidak mau diam. 

Berbekal keahlian baru mereka dalam berjalan dan juga berlari, mereka akan menjadi penjelajah kecil yang tak mengenal lelah untuk berpetualang. Nah, pada masa-masa ini, anak-anak yang bahkan pada awal masa MPASI-nya tidak sulit pun, biasanya pun akan mulai menunjukkan gangguan makan. Mereka menjadi terlalu sibuk untuk makan! Hal ini tentunya membuat Moms khawatir tentang kecukupan gizi si Kecil yang pertambahan berat badannya pun sudah tak sepesat tahun pertamanya. 

Dalam bukunya "The Baby Book", dr. Sears mengemukakan solusi mudah untuk mengatasi hal ini, beliau menyebutnya "perahu camilan". Yaitu menggunakan wadah bersekat kecil-kecil seperti cetakan es batu yang diisi dengan berbagai macam finger food bergizi, lalu diletakkan di tempat yang mudah diraih oleh anak. Bahkan untuk si batita yang sibuk sekalipun, keberadaan perahu camilan sangat menyenangkan, karena tidak perlu menghabiskan waktu berpetualangnya untuk makan besar, namun perutnya tetap bisa terisi. Perahu camilan bisa Moms isi dengan buah kering, kacang-kacangan, buah potong, atau finger food padat gizi lainnya seperti resep di bawah ini: 

Bola Tahu Nori

Bahan:⁣ 

Langkah:⁣ 

  1. Hancurkan tahu dengan garpu.
  2. Campurkan dengan parutan wortel dan daun pakcoy yg digunting kecil-kecil.⁣ 
  3. Campurkan dengan telur, tepung, garam, lada, dan bubuk bawang putih. 
  4. Remas nori, campurkan ke adonan.⁣
  5. Taburkan biji wijen, aduk rata, dan bentuk menjadi bola-bola kecil. 
  6. Panaskan minyak, campurkan dengan 1 sdt ghee. Goreng hingga kecoklatan. Angkat.⁣ 
  7. Hidangkan. 

Tidak hanya nikmat dijadikan camilan, bola tahu nori ini juga enak dimakan bersama nasi. Teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam, cocok untuk anak-anak. Camilan ini bahkan mengandung lebih dari dua golongan bahan makanan sehingga sangat padat gizinya. Kenapa resep di atas tidak menggunakan garam? Karena biasanya tahu kuning, nori, dan ghee sudah mengandung garam. Jadi kalau pakai garam lagi, rasanya bisa terlalu asin. Nah, bagaimana Moms, tertarik mencobanya?