Kehamilan dan kelahiran,  tidak bisa dipungkiri membuat bentuk tubuh Moms berubah dari sebelum hamil. Banyak dari Moms setelah melahirkan, hawatir engenai bentuk tubuh terutama bagian perut. Mendambakan perut langsing kembali setelah melahirkan bukanlah suatu impian yang mustahil. 

Sejak i zaman dahulu, Indonesia sudahmengenal isilah stagen untuk ibu pasca melahirkan yang diyakini berfungsi mengembalikan bentuk badan seperti sebelum hamil. Nah, selain stagen ada juga bengkung dan korset apa saja bedanya? Yuk kenali perbedaannya di bawah ini Moms : 

Stagen 

Stagen ini lebih tradisional dan sudah di ada sejak dulu. Ciri khas dari stagen adalah kain panjang yang memiliki lebar sekitar 15 cm dan panjang kurang lebih 5-15 menet. Kain ini biasa digunakan oleh masyarakat Jawa selain untuk ibu pasca melahirkan juga ntuk pelengkap pakaian tradisional. Keuntungan dari pemakaian stagen adalah menjaga postur tetap tegak dan membuat Moms selalu mengunci perut,  sehingga akan terkesan langsing. Kekurangan dari pemakaian stagen adalah dari cara pemakaiannya, tagen ini agak menyusahkan terkait caranya dengan dililitkan melingkar di perut dan pemakaiannya menjadi agak ketat dan kaku. Untuk yang pertama kali memakai stagen,  ini membuatnya akan merasa tidak fleksibel dalam bergerak. 

Bengkung

Bengkung ini memiliki kemiripan dengan stagen. Ciri khas bengkung adalah cara pemakaiannya yang berbeda dengan stagen dan memiliki jenis bahan yang lebih lentur dari stagen. Pemakaian bengkung disini bisa dilakukan segera setelah melahirkan atau 40 hari pasca persalinan. Keuntungan dari pemakaian bengkung adalah bengkung memiliki fungsi menghangatkan perut dan memperbaiki postur tubuh Moms, serta membuat Moms tampak lebih langsing. Kekurangan dari pemakaian bengkung adalah cara memakai bengkung cenderung lebih susah dari stagen dan harga bengkung di pasaran cenderung lebih mahal dari stagen. 

Korset

Korset adalah versi modern dari bengkung dan stagen. Korset memiliki berbagai berbagai jenis bahan mulai dari bahan standar hingga menggunakan serat bamboo sebagai bahan utama dari korset. Keuntungan korset dapat memperbaiki postur tubuh, mudah cara pemakaiannya dan mudah ditemukan serta  memiliki harga yang bervariasi yang bisa di sesuaikan dengan kemampuan Moms masing-masing. Kekurangan korset umumnya tidak seketat bengkung dan stagen, aka cenderung sering merosot dalam pemakaiannya dan tidak memperbaiki postur tubuh sebaik bengkung dan stagen. 

Dari ketiga diatas manakah yang akan Moms pilih? Tetapi menurut pendapat dari beberapa ahli stagen, bengkung atau korset bukanlah alat pelangsing otomatis. Jika Moms ingin memiliki tubuh yang langsing kembali, Moms harus mengatur pola makan dan menjadi lebih aktif. Penggunaan stagen, bengkung atau korset juga sebaiknya sudah dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu ya Moms.