Saat pandemi seperti sekarang ini,  kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah . Kegiatan seperti nonton tv / drama korea / mengulang film bioskop bersama keluarga tercinta, merupakan satu kegiatan rutin untuk menghilangkan rasa jenuh di rumah,  sekaligus membuat bonding antar keluarga. Kali ini saya mau merekomendasikan 5 film seputar kekuatan Ibu. Ketika menonton film-film tersebut akan timbul rasa kagum sekaligus penghargaan yang tinggi pada seorang ibu. Apa saja film-film-nya? 

Susah Sinyal (2017) 

Film yang disutradarai oleh Ernest Prakasa ini menceritakan kisah Ellen (Adinia Wirasti), seorang pengacara sukses dan orangtua tunggal yang dikaruniai seorang anak perempuan bernama Kiara (Aurora Ribero). Tuntutan karier menyebabkan Ellen tidak punya waktu sedikitpun untuk Kiara, yang harus diasuh dan dibesarkan oleh neneknya, Agatha (Niniek L. Karim). Hubungan Kiara dengan neneknya sangat dekat melebihi kedekatan Kiara dengan ibu kandungnya. 

Film komedi keluarga ini enggak hanya bikin Moms ngakak, tapi juga bikin hati Moms tersentuh. Ada dua isu sentral yang dibawa Ernest. Pertama, Moms akan teringat pentingnya kehadiran orangtua, khususnya ibu. Yang sebenarnya dibutuhkan dari seorang anak bukanlah kebahagiaan semu yang diciptakan melalui pemberian materi, melainkan kebahagiaan abadi yang hanya tercipta melalui interaksi dan waktu. 

Kartini (2017)

Salah satu film nasional yang mengingatkan kita akan kegigihan Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan hak bagi semua orang, terutama hak pendidikan bagi perempuan. Bersama kedua saudarinya, Kartini mendirikan sekolah bagi kaum miskin dan menciptakan lapangan kerja untuk rakyat Jepara dan sekitarnya. Menampakkan sisi lain dari cerita-cerita sejarah, film ini memfokuskan pada perjuangan emosional sosok Kartini yang harus melawan tradisi dan bahkan menentang keluarganya sendiri untuk memperjuangkan kesetaraan hak untuk semua orang di Indonesia. 

The Intern (2015) 

Dalam film ini, dikisahkan seorang wanita karier yang memiliki posisi tinggi dalam sebuah perusahaan. Meski membanggakan, tentu hal ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan mengingat ia juga harus memegang peranan dalam keluarganya. Beruntung, rekan kerja pria yang usianya jauh lebih tua darinya memiliki kesediaan untuk membantu menyelesaikan permasalahan pelik dalam kehidupan karier dan keluarganya. Film ini juga menyajikan hubungan yang baik antara atasan dan karyawan yang notabene memiliki banyak sekali perbedaan. 

The Blind Side (2009) 

Film yang terinspirasi dari kisah nyata ini bercerita tentang Michael Oher, pemain football asal Amerika Serikat. Ketika remaja dia diadopsi oleh Sean dan Leigh Anne Tuohy. Sebelum memulai karier di liga NFL, Oher adalah tunawisma yang ditelantarkan oleh ibu kandungnya yang kecanduan narkoba. Fokus kisahnya sendiri berada pada perjuangan Leigh Anne sebagai seorang figur pengganti ibu bagi Oher. Hubungan antara keduanya dianggap sebagai kisah inspiratif yang bikin banyak orang sadar bahwa orang baik seperti Leigh Anne itu masih ada di dunia.  

Flight Plan (2005) 

Film yang dibintangi jodie Foster ini berkisah tentang perjuangan seorang Moms yang rela melakukan apa pun demi anaknya, yang hilang secara misterius dalam pesawat. Film yang mendapat banyak sorotan, ada yang memuji tapi juga tak sedikit yang memberi kritikan karena alur cerita yang tidak terlalu kuat.