Membuat camilan adalah kegiatan rutin saya sejak menjadi ibu. Apalagi anak saya adalah tipe anak yang makan sedikit-sedikit tapi sering. Alhasil, meski bukanlah tipe ibu yang hobi di dapur, saya terpaksa berkreasi sebisa saya demi memenuhi asupan nutrisi yang adekuat untuk si Kecil yang demen mengunyah ini. Salah satu tantangan saat membuat camilan K adalah tidak adanya mixer ataupun oven di rumah saya. Namun, ini ternyata bukanlah penghalang, Moms. Ada banyak resep camilan rumahan yang sehat dan mudah yang tidak memerlukan oven ataupun mixer. Tidak percaya? Nah, yuk dicoba salah satu resep camilan favorit K ini. 

Bolu Pisang Tape Kukus ala Ibuk K ⁣ 

⁣Bahan:⁣ 

Langkah:⁣

- Kocok telur dengan gula dan garam.⁣ 

- Tambahkan minyak kelapa, sisihkan. 

- Ayak tepung, baking soda, dan bumbu rempah, campurkan ke adonan telur tadi. Aduk rata.

⁣- Tambahkan lumatan tape dan pisang. Aduk rata.⁣ Tidak perlu sering mengaduknya, yang penting sudah tercampur, supaya tidak bantat. 

- Oles wadah cetakan dengan minyak. Tuang rata adonan.

⁣- Kukus kurang lebih 30 menit atau sampai ditusuk tidak ada lagi yang menempel.⁣

- Tunggu dingin baru potong-potong. Sajikan.⁣ 

⁣Resep ini cocok untuk yang pencernaannya sensitif seperti K, karena tidak menggunakan tepung terigu dan gula refinasi. Jika Moms mempunyai penggorengan dengan lapisan anti lengket, resep bolu ini juga bisa dipanggang menggunakan panci atau penggorengan anti lengket. Gunakan api kecil supaya bolunya matang sempurna tanpa gosong. Moms juga bisa menambahkan parutan wortel atau bayam ke dalamnya. Jika tidak ada tape singkong, padanan pisang dan wortel atau pisang dengan bubuk cacao juga enak lo, Moms. Tidak perlu khawatir jika bumbu rempahnya tidak lengkap, hanya kayu manis saja sudah enak, kok! Atau jika Moms punya bumbu spekuk, maka tidak perlu lagi mencampur banyak rempah. 

Resep ini juga cocok untuk latihan finger food si Kecil yang baru MPASI, karena teksturnya yang padat tapi lumer di mulut. Moms bisa mengganti gulanya dengan pasta kurma (kurma yang dilumatkan dengan sedikit air). 

Bagaimana, Moms? Mudah bukan membuatnya? Daripada makanan kemasan yang tinggi kandungan gula refinasi tersembunyi dan aditif makanan yang tidak baik untuk kesehatan jangka panjang si Kecil, lebih baik camilan sehat yang dibuat Moms sendiri dengan penuh cinta di rumah, bukan? Selamat berkreasi, Moms!