Bagi Moms yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya, timun suri adalah buah yang secara fenomenal muncul dan marak dicari ketika bulan Ramadan tiba. Sebenarnya buah ini bukan buah musiman lho, Moms. Hanya saja, karena permintaan yang tinggi saat bulan Ramadan, para petani banyak yang berlomba-lomba untuk menanamnya menjelang bulan nan suci bagi umat Islam tersebut.

Buah yang wanginya harum dan teksturnya empuk ini seringkali dijadikan makanan iftar dalam bentuk es atau sop buah. Nah, apakah Moms juga sedang mencari resep es buah timun suri untuk Ramadan nanti? Yuk, dicatat. 

Bahan: 

1 buah atau ½ kg timun suri

1 sdm biji selasih atau chia seed 

3 batok gula aren 

1 helai daun pandan 

¼ sdt garam 

4 cangkir air 

Es batu sesuai selera 

Cara Membuat: 

Campurkan biji selasih atau chia seed dalam 3 sdm air di sebuah wadah kecil. Sisihkan. Biarkan sampai mengembang. Didihkan satu cangkir air di dalam panci. Masukkan gula aren, garam, daun pandan, aduk sampai semua gula aren larut dan tidak ada gumpalan. Matikan api. Sisihkan. Cuci dan kupas timun suri dan buang biji-bijinya. Serut halus. Sisihkan. Dalam wadah besar, campurkan jadi satu biji selasih atau chia yang sudah mengembang, sirup gula aren, serutan timun suri, dan sisa air matang. Aduk rata. Ambil gelas saji, tuang sesuai selera. Tambahkan es batu. Sajikan. 

Tahukah Moms, meskipun timun suri memiliki kata “timun” di dalam namanya, menurut penelitian yang dilakukan oleh Laboratorium Genetika Fakultas Biologi UGM Yogyakarta ternyata timun suri tidak termasuk spesies “timun” dan secara kekerabatan lebih dekat dengan melon. Jadi bisa dikatakan bahwa timun suri adalah varietas melon lokal di Indonesia. Buah yang tidak hanya segar dikonsumsi pada cuaca panas ini ternyata juga punya banyak manfaat kesehatan lho, Moms. Salah satunya adalah menghidrasi tubuh karena kandungan cairannya yang tinggi. Wah, tidak heran ya, timun suri menjadi primadona untuk menemani momen berbuka. O ya, Moms, supaya semakin nikmat, saat memilih timun suri, pilihlah yang tua dan harum. Selamat mencoba!