Pancake atau panekuk adalah salah satu makanan favorit di rumah kami terutama untuk sarapan. Tidak hanya mudah dibuat, pancake bisa diselipkan apa saja termasuk buah dan sayuran, sehingga sangat praktis untuk anak-anak yang pemilih makanan seperti anak saya. 

Tidak hanya cocok untuk sarapan, panekuk juga sering menjadi pilihan favorit yang padat gizi untuk camilan anak-anak. Nah, bagi Moms yang belum pernah mencoba membuatnya, saya punya resep pancake mudah dan bebas gluten yang bisa dicoba di rumah nih. Siapkan catatannya, Moms! 

Bahan :

½ buah zukini besar 

1 mangga gedong gincu besar

1 cup tepung singkong modifikasi atau mocaf

½ cup tepung pati garut 

2 telur

3 sdm gula kelapa putih (bisa diganti gula aren atau gula kelapa biasa, gula kelapa putih ini biar warna hasilnya tidak terlalu coklat) 

1 ml ekstrak vanilla 

Secubit garam 

1 gr baking soda 

75 ml santan 

Cara membuat :

  1. Blender zukini, mangga, dan santan. Sisihkan. (Saya ambil setengahnya untuk diminum sebagai smoothies, sisanya baru buat pancake). 
  2. Kocok telur. Tambahkan vanila. Sisihkan. 
  3. Ayak tepung dan baking soda. Campurkan dengan gula dan garam. 
  4. Campur adonan cair dan tepung. Aduk rata. Tidak perlu menggunakan mixer. Aduk biasa aja. Sisihkan. 
  5. Panaskan penggorengan. Oles dengan sedikit minyak. Tuang adonan menggunakan sendok sup agar ukuran seragam. Masak dengan api kecil. Balik sekali aja buat masing-masing sisi. 
  6. Sajikan. 

Bagaimana, mudah bukan, Moms? Resep ini sudah lengkap dengan karbohidrat, sayur, protein, dan juga lemaknya jadi Moms tidak perlu khawatir ada unsur yang terlewat untuk gizi seimbang si Kecil. 

Resep di atas juga menggunakan tepung mocaf dan pati garut yang bebas gluten, sehingga aman untuk anak-anak yang pencernaannya sensitif pada gluten. Tekstur akhirnya tetap lembut dan cocok untuk anak-anak. O ya, resep ini tidak terlalu manis, sehingga masih pas jika dimakan dengan sirup maple atau yogurt yang dicampur madu. Untuk Moms dan Dads yang suka rasa yang lebih manis juga bisa menaburkan gula merah di atasnya sesaat setelah panekuknya diangkat dari penggorengan. Moms bisa juga menikmatinya menggunakan saus mangga yang dibuat dari smoothies mangga yang diblender bersama yogurt. Yang sudah mencoba resepnya, bagi komentarnya di kolom komentar, ya!